.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

06/01/13

Banjir Membawa Berkah

TAKALAR, TURUNGKA.COM - Banjir memang dapat berdampak buruk bagi masyarakat, namun hal berbeda kita temukan di Desa Paddinging, Kecamatan Sanrobone, Takalar.

Jalan menuju kota Takalar dari arah barat ini senantiasa tergenang banjir yang berasal dari sungai di sisi jalan yang meluap bila musim penghujan tiba. Namun hal ini dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk memancing ikan.

“Lumayan, ada ikan mujair, ikan gabus, ikan lele dan ikan air tawar lainnya yang terbawa banjir dari hulu,” ujar Daeng Maraga, salah seorang warga yang ikut memancing.

Mereka menangkap ikan dengan menggunakan berbagai alat pancing, bahkan ada di antara mereka yang menggunakan jaring karena dinilai lebih efektif.
           
Menurut Daeng Maraga, hal ini sudah menjadi kebiasan masyarakat setempat tiap kali musim penghujan tiba, “Meski terlihat banjir menggenangi berpetak-petak sawah, namun masyarakat tidak terlalu risau karena biasanya air akan cepat surut seiring berhentinya hujan sehingga tidak terlalu terpengaruh pada padi yang baru ditanam.”

Selain itu, beberapa warung makanan dan bengkel sepeda motor juga memetik berkah dari banjir yang datang tahunan ini. Bengkel-bengkel di sekitar tempat itupun dapat meraup untung dari pengguna jalan yang motornya mogok karena banjir.

“Meskipun kita tidak berharap banyak motor yang mogok, tapi setiap hari ada saja motor yang mogok, jadi kita hanya mengerjakan tugas sebagai montir,” tutur seorang tukang bengkel, Daeng Ngeppe.

Begitu pula warung-warung seperti warung coto, pallubasa, bakso dan penjual lainnya di sepanjang jalan. Karena banjir dan hujan yang tak henti mengguyur, menjadi alasan untuk singgah menikmati makanan hangat yang berkuah.

Hal tersebut diakui oleh salah seorang penjual Pallubasa, Daeng Kebo, “Setelah bergelut dengan derasnya hujan, sekalian mereka berteduh dan menikmati semangkuk pallubasa.”

Penulis : Isbawahyudin
Editor : Kasman McTutu

Share:

0 komentar:

Posting Komentar