.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

07/01/13

Biaya PPL Mencekik, Mahasiswa Cuti

Beberapa mahasiswa STAI Yapis pada jenjang semester tujuh terpaksa mengambil cuti akademik karena tak mampu membayar biaya PPL yang menjadi mata kuliah semester tujuh.

Dalam pelaksanaan pembekalan bagi mahasiswa STAI Yapis yang akan melaksanakan PPL, Ahad (06/01/2013), beberapa mahasiswa mengungkapkan keresahannya.

Mereka mengeluhkan tingginya biaya PPL yang harus mereka keluarkan di saat kondisi ekonomi keluarga sedang seret. Biaya PPL STAI Yapis Takakar senilai Rp.700.000,- agak berat menurut mereka, apalagi di musim penghujan ini.

Mahasiswa yang cuti akademik, beralasan bahwa pembayaran PPL di bulan Januari ini cukup memberatkan, “Bulan Januari merupakan bulan paceklik bagi kami yang berasal dari keluarga petani,” Sahrir yang kerap disapa Sija’.

Sija’ memilih mengambil cuti, karena penghasilan orang tuanya sebagai petani di bulan ini, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian keluarganya saja.

Pilihan yang sama juga dialami oleh Ramli, “Penghasilan kami dari menjual gorengan, tapi karena musim hujan, jualan kami menjadi sepi. Saya terpaksa cuti.

Sementara Muhammad Risal, mahasiswa yang membiayai kuliahnya dengan bekerja sebagai pengrajin lemari, juga terpaksa cuti. “Pesanan pembuatan lemari berkurang, jadi kami berhenti berproduksi.”

Penulis : Iskandar
Editor : Kasman McTutu
Share:

0 komentar:

Posting Komentar