.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

09/01/13

Kandang Ayam Rubuh, Kerugian Mencapai 60 Juta

TAKALAR, TURUNGKA.COM - Kencangnya angin sekira jam lima sore tadi, membuat sebuah kandang peternakan ayam yang lumayan besar di Dusun Ballo' II, Kelurahan Sombala' Bella Takalar roboh, rata dengan tanah hanya dengan 1 kali hempasan.

Menurut Halik, salah seorang pengelola kandang yang kebetulan berada di atas kandang ketika kejadian berlangsung, menceritakan “Dalam hitungan detikji datang itu anginga na roboh kandanga.”

“Untung cepatka' melompat turun baru laria', seandainya singgahka' atau terpelesetka' waktu melompat, matima' di bawa'na kandanga,” kisah Halik yang mukanya masih kelihatan pias akibat kejadian tersebut.

Kandang ayam yang rubuh tersebut merupakan milik seorang pengusaha dari Desa Patani, Haji Awing, sampai saat ini belum berhasil dikonfirmasi terkait kejadian ini.

Usaha peternakan ayam yang dirintisnnya ini dipercayakan kepada dua orang penjaga yaitu Daeng Sewang dan Daeng Tompo'. Tapi terkadang Daeng Tompo’ digantikan oleh adiknya, Halik, apabila dia lagi ada jadwal kuliah.

Ketika rubuh, di dalam kandang terdapat tujuh ribu ekor ayam yang baru berusia lima hari, “kandangnya baru kami isi lagi kodong, na runtuh begini, maumi diapa”, kesah Daeng Sewang.

Menurut pengakuan Daeng Sewang, kerugian akibat rubuhnya kandang, diperkirakan mencapai 33nam puluh juta rupiah. Untuk meminimalisir kerugian, pengelola mengevakuasi ayam yang selamat ke tempat yang lebih aman.

Penulis : Maddolangan
Editor : Kasman McTutu
Share:

0 komentar:

Posting Komentar