.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

06/01/13

Warga Bontoloe Malas Ke Puskesmas

TAKALAR, TURUNGKA.COM - Warga Desa Bontoloe, Kec. Galesong lebih memilih ke dokter praktik daripada ke Puskesmas untuk memeriksakan kesehatannya. Mereka beralasan, pelayanan Puskesmas ribet dan bertele-tele, sedang di dokter praktik, mereka bisa dilayani dengan cepat.

Daeng Ngagi, Salah seorang warga yang ditemui di tempat praktik dr. Suryani mengungkapkan, “Kami merasa dimudahkan pelayanan kesehatannya sejak dokter praktek ini ada beberapa tahun silam.”

“Di sini kami memang bayar, tapi kami puas dengan pelayanannya yang tanggap dan cepat, apa lagi kami biasanya dikenai tarif paling banyak lima belas ribu. Namun itu sepadan dengan pelayanannya,” lanjut Daeng Ngagi.

Daeng Ngagi juga mengeluhkan pelayanan puskesmas yang menurutnya lamban, “Kalau di puskesmas, kami harus melewati banyak sistem administrasi yang rumit dan bertele-tele.”

dr. Suryani membenarkan bahwa tempat praktiknya selalu dipenuhi pasien, “Kami selalu kewalahan melayani pasien yang membludak seriap hari, kebanyakan dari mereka mengeluh muntaber, gatal-gatal dan demam.”

“Awal tahun 2013 ini kian membludak, sudah hampir sepekan fenomena ini terjadi, mungkin karena faktor perubahan cuaca.” Lanjut dr. Suryani yang bahkan terpaksa meminta bantuan keponakannya yang masih menjalani pendidikan keperawatan di Makassar.

Meskipun masyarakat lebih memilih berobat ke tempatnya, dr. Suryani tetap menganjurkan masyarakat untuk memilih puskesmas. Bahkan beberapa pasien yang cukup parah dia rujuk ke puskesmas Galesong.

“Kami merujuk mereka yang memang butuh perawatan lanjutan, ruangan kami terbatas, dan kami belum mendapatkan izin untuk rapat inap, kecuali pasien persalinan”, terang dr. Suryani.

Dari pantauan kami, kebanyakan dari mereka yang dirujuk adalah pencerita muntaber. Mereka terpaksa dirujuk, karena butuh perawatan intensif yang diakibatkan keterlambatan penanganan. Rata-rata mereka baru ke dokter apabila penyakitnya sudah parah.

Penulis : Isbawahyudin
Editor : Kasman McTutu

Share:

0 komentar:

Posting Komentar