.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

26/01/13

Warga Bulukunyi’ Rayakan Maudu’

TAKALAR, TURUNGKA.COM – Sebagai ekspresi kecintaan atas Nabi Muhammad saw, warga Bulukunyi’, Kelurahan Bantinoto, Kecamatan Polongbangkeng Selatan merayakan Maulid Nabi Muhammad saw, kamis (24/01/2013).

Peringatan yang lebih dikenal dengan nama maudu’ tersebut ditandai dengan pembuatan kanre maudu’ berupa nasi setengah masak yang dikeringkan, telur rebus warna merah atau ungu, ayam kampung rebus goreng.

Sebagian warga juga menghidangkan songkolo dan berbagai macam makanan lainnya, tergantung kemapuan pemilik kanre maudu’ yang disajikan dalam wadah baskom, ember besar, dan bakul, yang ukurannya macam-macam.

Kanre maudu’ tersebut dititipkan di mesjid dan dimeriahkan oleh penceramah yang dihadirkan oleh panitia pelaksana atau bisa juga dititip di rumah Imam Dusun atau Imam Kelurahan kemudian dibacakan Kitab Barazanji dan kitab-kitab doa’ lainnya.

Setelah proses tersebut selesai, barulah pemilik kanre maudu’ menjemputnya dan di bawa ke rumah untuk dinikmati bersama keluarga sebagai makanan yang sudah di berkahi.

Adapun jika pemilik kanre maudu’ itu tergolong orang kaya, maka dia akan membawa dua kanre, tapi hanya mengambil satu saja dan yang satu untuk jatah pengurus atau Imam.

Ada juga warga yang setelah mengambil kembali kanre maudu’nya kemudina langsung disedekahkan kepada tetangga.

Salah seorang warga, Rahma mengungkapkan, “Hari ini beberapa kelurahan di Polsel merayakan maudu’. Meskipun bukan hanya hari ini kita bisa merayakan maudu’, tetapi harus di bulan rabiul awal.”

Penulis: Rustam
Editor: Kasman McTutu
Share:

0 komentar:

Posting Komentar