.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

07/03/13

Tunjangan Sertifikasi Telat, Mengajar Tetap Semangat

TAKALAR, TURUNGKA.COM - Keterlambatan pembayaran tunjangan sertifikasi guru, merupakan kelaziman yang termaafkan di hampir seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Guru boleh mengeluh dan mendemonstrasikan kekecewaan. Namun penundaan pembayaran sertifikasi guru, tidak boleh menurunkan semangat mengajar seorang pendidik profesional.

Demikian keyakinan yang dijunjung teguh oleh Ibu Yupriana Azis, M. Pd, Guru Mata pelajaran Kimia di SMAN 1 Takalar, yang ditemui Rabu, (6/3). Menurutnya, seorang guru tidak boleh mengendurkan motivasinya untuk memberi pengajaran yang terbaik buat siswa-siswinya.

“Meski beberapa kawan melontorkan issu untuk berdemonstrasi, namun guru penerima sertifikat pendidik harus tetap fokus dengan tugas profesionalnya. Tidak boleh hanya karena tunjangan sertifikasi telat dibayarkan, seorang guru mempunyai alasan untuk terlambat datang ke sekolah, serta menoleransi setiap pelanggaran kedisiplinan” urai Wakasek Pembinaan Sumber Daya manusia ini.

Menurutnya, lebih arif dan bijaksana apabila problem keterlambatan pembayaran tunjangan sertifikasi ditanyakan langsung kepada pihak terkait baik itu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, DPRD sebagai lembaga perjuangan aspirasi rakyat juga organisasi profesi guru seperti PGRI. 

“Memang benar, untuk Kabupaten Takalar tunjangan sertifikasi untuk tahun anggaran 2012, masih tersisa dua bulan yang belum dibayarkan. Namun secara ideal, guru harus tetap semangat mengajar” tuturnya penuh optimisme.

Pendapat senada juga dilontarkan Ahmad Rusaidi, S. Pd. I, guru bahasa Arab di SMAN 2 Polut. Ia menyatakan bahwa pengabdian seorang guru ibarat dedikasi para Nabi dalam mendidik umatnya. 

“Seorang guru yang sejati, adalah sosok panutan agung baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Untuk berproses menjadi guru yang profesional, kita tidak perlu menunggu hingga kita menerima tunjangan sertifikasi. Kita cukup menyadari, bahwa profesi guru merupakan profesi yang memuliakan semesta kemanusiaan“, pungkas lelaki bersenyum malaikat ini.
Share:

4 komentar:

  1. dan pasti Allah akan menguji kita atas perkataan-perkataan...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. saatnya pembuktian kata-kata
    silahkan diingatkan terus ^_^

    BalasHapus
  4. Marilah kita berikan yang terbaik untuk bangsa dengan meningkatkan kualitas ilmu kita kemudian kita amalkan kepada anak-anak bangsa penggemar ilmu. Jangan berhenti belajar jika anda seorang pengajar karena sesungguhnya ilmu itu tiada ujung dan tepinya.
    Selamat hari Pendidikan Nasional tgl 2 Mei 2013 buat rekan-rekan guru di Takalar semoga semakin berjaya..
    Wassalam,
    Mukhsin Saleh
    Candidate Phd di Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia (KL)
    Guru Bahasa Inggris SMP Neg.1 Galesong Selatan, Takalar.

    BalasHapus