.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

31/05/13

Antraks Menyerang, 1 Warga Meninggal

TAKALAR, TURUNGKA.COM - Antraks atau anthrax adalah penyakit menular akut dan sangat mematikan yang disebabkan bakteri bacillus anthracis dalam bentuknya yang paling ganas. Antraks bermakna "batubara" dalam bahasa Yunani, dan istilah ini digunakan karena kulit para korban akan berubah hitam. 

Antraks paling sering menyerang herbivora-herbivora liar dan yang telah dijinakkan. Penyakit ini bersifat zoonosis yang berarti dapat ditularkan dari hewan ke manusia, namun tidak dapat ditularkan antara sesama manusia.

Hal ini terbukti dengan serangan Antraks yang menimpa sedikitnya 20-an warga Pattalassang Takalar, dua hari yang lalu (28/05/2013). Bahkan Rostini Abbas Daeng Caya, warga Lingkungan Tamasongo, Kelurahan Pappa, Pattallassang, Kabupaten Takalar, harus kehilangan nyawa, Kamis (30/05/2013).

Meskipun telah dirawat selama dua hari di puskesmas setempat, nyawa Rostina tak tertolong. Rostini diduga terjangkit antraks setelah mengkonsumsi daging kuda bersama 20-an warga lainnya. Di tubuh Rostina (25 tahun) bermunculan benjolan mirip bisul. Ia juga kehilangan kesadaran akibat panas tinggi yang menderanya.


Sementara itu, 19 warga lainnya juga menunjukkan gejala serangan yang sama. Untung saja mereka bisa tertangani dengan baik sehingga tidak mengikuti jejak Rostina. Setelah dua hari menjalani perawatan, mereka diperkenankan pulang setelah kondisinya membaik.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar