.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

26/05/13

Budidaya Lawi-Lawi Di Laikang

TAKALAR, TURUNGKA.COM - Lawi-lawi adalah jenis rumput laut yang dalam bahasa ilmiahnya dikenal sebagai Caulerpa Spini merupakan salah satu jenis rumput laut yang dibudidayakan oleh petani rumput laut di Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Takalar.

Masyarakat mulai membudidayakan Lawi-lawi ini sejak tahun  2011. Kegiatan ini diinisiasi oleh Balai Budidaya Air Payau Takalar bersama Australian Centre for International Agricultural  Research dalam bentuk bantuan bantuan bibit kepada para petani rumput laut.

Saat ini, selain untuk kebutuhan industri, Lawi-lawi juga dikonsumsi langsung oleh warga dalam kondisi segar. Biasanya dijadikan sebagai lauk pendamping dengan cara dimakan mentah bersama larutan garam dan lombok.

Umumnya, petani rumput laut di Laikang menanam rumput laut secara berkelompok yang terdiri dari masing-masing 10 orang. Setiap kelompok akan mematok kaplingan  dilaut untuk 300 sampai 1.000 bentangan sekali tanam.
                

Kondisi ini yang membuat suasana di Laikang menjadi agak tegang karena persaingan antar kelompok dalam memperluas lahan kaplingan. Kondisi ini perlu mendapatkan dari berbagai pihak terkait, baik dalam hal pendampingan budidaya, maupun pencegahan konflik sosial yang mungkin saja bisa terjadi.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar