.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

27/07/13

Perahu dari Korek Api di Popo

TAKALAR, TURUNGKA.COM - Miniatur perahu phinisi yang terbuat dari batang kayu korek api, kini hadir di Desa popo Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar.

Adalah Daeng Sikki (36 tahun), seorang warga Papanambea, Desa Popo yang berinisiatif membuat miniatur perahu dari batang korek api. “Saya mencoba membuat perahu phinisi dan perahu patorani,” jelasnya Daeng Sikki.

Miniatur perahu phinisi tersebut saya buat dari batang korek api agogo. Untuk satu perahu, saya membutuhkan waktu berkisar kurang lebih 1 bulan.” Lanjutnya.

Daeng Sikki menjelaskan bahwa proses pembuatannya cukup mudah dan bisa dilakukan di sela-sela aktivitas lain.

“Batang korek api direndam selama tiga hari dengan air putih biasa sehingga dalam proses pembuatan itu nantinya akan mudah dibentuk dan tidak mudah patah,” jelasnya.

Masih menurut Daeng Sikki, “Miniatur perahu ini juga saya buat dengan cara direkatka menggunakan lem Korea yang mudah diperoleh.

Sampai saat ini, Daeng Sikki sudah membuat tiga unit miniatur perahu. Dua unit phinisi dan satu unit perahu patorani.

Kegiatan membuat miniatur perahu ini bisa menjadi alternatif kegiatan di sela-sela aktivitas pertanian warga. Untuk saat ini, Daeng Sikki memberikan harga promosi sebesar satu juta rupiah untuk para peminat. Untuk pemesanan, bisa menghubungi 085256555956.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar