.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

25/09/13

Ilmuwan: Kafein Bisa Memperlambat Kinerja Otak

TAKALAR, TURUNGKA.COM - Belum lama ini ilmuwan mengatakan bahwa anak-anak dan remaja yang suka menkonsumsi kopi dapat memperlambat perkembangan otaknya. Hal ini dikarenakan senyawa kimia di dalamnya memiliki dampak negatif pada otak.

Para peneliti menjelaskan, beberapa studi sebelumnya menunjukkan jika selama masa pubertas ada baiknya orang membatasi jumlah konsumsi kafein. Kesimpulan itu diambil dari percobaan terhadap tikus selama 30 hari.

Hasilnya sebagaimana dikutip dari Softpedia, Rabu (25/9/2013), ternyata otak tikus yang diberi kafein mengalami kesulitan untuk berkembang. Artinya, kafein sedikit banyak mempengaruhi pola tidur mereka.

“Manusia dan mamalia memiliki pola tidur yang sangat intensif selama masa pubertas. Otak juga berkembang pesat selama masa itu. Namun, jika mereka diberi kafein selama pubertas, maka perkembangan otak mereka akan melambat dan tidak optimal,” ujar perwakilan peneliti.

Menarik karena tikus dan manusia memiliki banyak persamaan. Sehingga, bisa cukup menjelaskan bahaya konsumsi kafein. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan alangkah baiknya jika mulai membatasi asupan kafein. (okz)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar