.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

24/09/13

Mahasiswa Makassar Peringati Hari Tani

MAKASSAR, TURUNGKA.COM – Massa dari unsur mahasiswa yang menamakan diri Solidaritas Aksi Masyarakat Untuk Rakyat Indonesia (SAMURAI) peringati Hari Tani yang jatuh pada tanggal 24 September dengan demonstrasi, Selasa (24/09/2013).

SAMUARI merupakan aliansi dari beberapa elemen gerakan mahasiswa seperti Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI), Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI), Pembebasan KOL-KOT, Gerakan Mahasiswa Pinggiran Aru (GMPA), Komunal, dan SMPD.

Dalam demonstrasi yang berlangsung secara tertib di sekitar fly over ini, demonstran menyorot corak kebijakan pertanian pemerintah yang dirasa berbau liberal.

Thalib, salah seorang demonstran dengan dengan lantang berteriak, “Selama pemerintah neoliberal masih berkuasa, maka seluruh problem-problem pada khusunya kaum tani tidak akan teratasi.”

“Perjanjian perdagangan bilateral yang kemudian terjewantahkan dalam bentuk undang-undang di berbagai sektor industri, akhirnya berimbas kepada penyingkiran rakyat dari sumber-sumber hidupnya yang terkonvensi.” Tegas Thalib.

Sementara itu, Kordinator lapangan (Korlap), Amrin mengemukakan bahwa aksi ini adalah bentuk kritikan terhadap pemerintah yang selama ini tidak pro terhadap rakyat.

“Kami menuntut agar dihentikan perampasan tanah dan kekerasan terhadap petani, segera wujudkan reformasi agraria sejati dan bangun persatuan gerakan rakyat.” Jelas Amrin.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar