.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

26/09/13

Si Kecil yang Makan Sendiri Terhindar dari Risiko Obesitas

TAKALAR, TURUNGKA.COM - Perkenalan makanan padat pada si kecil merupakan pengalaman baru baginya. Ia akan mengeksplorasi rasa dan tekstur makanan padat. Namun tingkat kepadatan makanannya harus sesuai usianya.

Saat memberikan makanan padat tidak selalu diberikan dengan sendok. Si kecil juga diperbolehkan untuk menggenggam sendiri makanannya. Asalkan jenis makanannya lunak atau lembut seperti buah pisang atau ubi rebus.

Dua penelitian dari Inggris menemukan bahwa anak-anak yang menggenggam makanannya sendiri, akan mendapatkan dua manfaat hebat. Pertama si kecil akan tumbuh lebih sehat karena mendapat asupan nutrisi yang cukup. Sedangkan yang kedua, si kecil akan terhindari dari risiko kelebihan berat badan, dibandingkan mereka yang selalu disuapi dengan sendok.

Studi yang dipresentasikan di British Medical Journal (BMJ) tahun lalu ini memberikan pandangan mereka mengenai menyapih. Apakah menyapih mempengaruhi pilihan makanan dan indeks massa tubuh pada anak usia dini?

Penelitian dilakukan oleh Dr. Ellen Townsend dari University of Nottingham melibatkan 115 anak-anak dengan usia 20 minggu. Masing-masing orang tua responden diberikan kuesioner tentang makanan padat selama penyapihan.

Hasilnya, sebanyak 92 orang tua membiarkan anaknya untuk mengenggam makanannya sendiri setelah usianya enam bulan. Sementara 63 orang tua lainnya menggunakan metode konvensional, yaitu dengan memberikan makanan lumat dan diberikan dengan cara disuapi.

Dari hasil pengamatan juga ditemukan, bahwa anak-anak yang terbiasa menyuap makanan dengan jari mereka, cenderung memilih makanan yang mengandung karbohidrat. Lain halnya dengan anak-anak yang selalu disuapi, karena lebih suka dengan makanan manis.

Para penulis penelitian juga menyimpulkan bahwa pola menyapih sangat mempengaruhi pola makan dan kesehatan anak di usia dini. Anak-anak yang terbiasa menyuap makanan dengan jarinya cenderung bsia mengatur asupan makanan mereka yang lebih sehat. Selain itu juga bisa mencegah obesitas dikemudian hari.

Pola menyapih dengan membiarkan si kecil mengenggam makanan sendiri bisa dilakukan jika si kecil sudah bisa duduk dan memegang tangannya atau benda lain. Namun para ibu harus tetap mengawasinya agat tidak tersedak. Pastikan makanan yang diberikan bertekstur lembut, mudah ditelan dan dipotong-potong kecil. (dtk)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar