.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

07/10/13

HMI MPO Jadi Tuan Rumah Muktamar PEPIAT

JAKARTA, TURUNGKA.COM - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) MPO akan menjadi tuan rumah Muktamar Persatuan Pelajar Islam Asia Tenggara (PEPIAT) yang rencananya akan di gelar pada Januari 2014 mendatang.

Demikian hasil pembicaraan  utusan Persatuan Kebangsaan Pelajar Islam Malaysia (PKPIM) saat bertemu Ketua Umum PB HMI MPO, Puji Hartoyo Abubakar, akhir september lalu. Utusan tersebut adalah Muhammad Khair Sujud selaku Naib Presiden PKPIM.

Pertemuan dengan Puji Hartoyo Abubakar tersebut dilaksanakan untuk membicarakan agenda Muktamar Persatuan Pelajar Islam Asia Tenggara (PEPIAT) yang direncanakan akan digelar di Indonesia. Disepakati, muktamar akan digelar sekitar Januari 2014 dengan PB HMI MPO sebagai tuan rumahnya.

Sebagaimana diketahui, PEPIAT beranggotakan organisasi pelajar dan mahasiswa muslim dari negara-negara Asia Tenggara, yaitu:
1. Persatuan Kebangsaan Pelajar Islam Malaysia (PKPIM)
2. Pelajar Islam Indonesia (PII)
3. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO)
4. Cambodia Muslim Students Association (CAMSA)
5. Thailand Muslim Students Association (TMSA)
6. Filipines Muslim Students Association (FAMSA)

PEPIAT didirikan pada tahun 1970 oleh tiga organisasi yaitu HMI (Nurcholis Majid), PII (Hussein Umar) dan PKPIM (Anwar Ibrahim dan Siddiq Fadzil). Pertama dibentuk dengan nama PEMIAT, dan sekarang, selain organisasi pendirinya, keanggotaannya bertambah dengan organisasi dari negara-negara Asia Tenggara yang lain sebagaimana tersebut di atas.

Muktamar rutin digelar 2 tahun sekali dengan sekjen PEPIAT sebagai tuan rumahnya. Sedangkan untuk tempat pelaksanaan muktamar ada beberapa kota di Indonesia yang menjadi pilihan, namun belum ditentukan secara pasti. (hminews.com)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar