.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

16/11/13

Bupati Takalar: Galesong Jadi Kota Kedua Setelah Pattallassang

PATTALLASSANG, TURUNGKA.COM – Sebagai bentuk upaya akselerasi ekonomi, Pemerintah Kabupaten Takalar akan mengembangkan Galesong menjadikota kedua setelah ibukota Takalar, Pattallassang.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Takalar, Dr. H. Burhanuddin Baharuddin, M.Si. seusai mengisi seminar Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Takalar, kamis (14/11/2013) siang di aula kantor Bupati Takalar.

“Di sana akan dibangun menjadi kota kedua setelah Pattallassang, untuk itu, penataan kotanya mulai dari infrastruktur, perumahan, perkantoran, perbelanjaan, dan wisata.” Jelas Burhanuddin.

“Untuk membuat orang melirik Takalar, maka harus ada yang menarik dari Takalar untuk dikembangkan.” Khusus untuk Galesong, pariwisata akan menjadi sektor utama yang dikembangkan, Burhanuddin mengatakan, “Galesong akan disiapkan sebagai kawasan wisata.”

Potensi wisata yang ada di kawasan Galesong yang terdiri dari tiga kecamatan, Kecamatan Galesong Utara, Galesong, dan Galesong Selatan terdiri atas wisata bahari (Pantai Gusunga dan Pulau Sanrobengi), wisata sejarah (Balla Lompoa Galesong).

Wisata budaya (Gaukang Karaeng Galesong, Assoso’ Pa’rasangan, Pesta Nelayan Galesong, Accera’ Kalompoang), agrowisata (Pantai Mangrove di Boe), wisata religi (Masjid Besar Galesong dengan arsitektur lokal, dan Klenteng Tri Dharma Cetya Pan Ko Ong), serta wisata ilmiah dan wisata view.

“Pulai Sanrobengi akan dikerjasamakan dengan pengusaha dari luar, mereka akan membangun tempat wisata yang lengkap di sana, termasuk hotel, kolam renang, dan tempat rekreasinya.” Jelas Bupati Takalar.

Masih lanjut Bupati Takalar, infrastruktur yang disiapkan termasuk dermaga Boddia yang akan dikembangkan menjadi pelabuhan yang memadai, “Dermaga Boddia, dalam pengembangan, sekarang dalam tahap penimbunan.”(idm/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar