.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

11/11/13

Mahfud MD Ingatkan Idealisme dan Spirit Kepahlawanan HMI

GALESONG, TURUNGKA.COM – “Saya mengingatkan kepada saudara-saudara bahwa biar kita berada pada tempat tugas dan lapangan politik yang berbeda, tapi idealisme keHMIan harus senantiasa kita aktualkan”, ungkap Prof. Mahfud MD.

Hal tersebut terungkap dalam orasi kebangsaan yang disampaikan oleh Mahfud dalam rangkaian pelantikan Pimpinan Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Takalar Masa Bakti 2013 – 2017.

“Pahlawan,” menurut Mahfud, “Adalah mereka yang ikut mendirikan, menjaga dan mengisi kemerdekaan. HMI sebagai bagian dari bangsa ini, telah ikut mendirikan, menjaga, dan akan mengisi kemerdekaan.”

“Memang, HMI baru berdiri pada 05 Februari 1947, tetapi cikal bakal HMI sudahh ada sejak 08 Juli 1945 ketika Sekolah Tinggi Islam berdiri di Jakarta. Saat itu, semangat kejuangan itu disalurkan melalui Jong Islamiten Bond.” Terang Mahfud.

Lanjut Mahfud, “Begitu HMI berdiri tahun 1947, mereka langsung terlibat dalam perjuangan fisik menghadapi agresi militer Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia dengan mendompleng sekutu.”

“Tentu HMI tidak lagi dituntut untuk berjuang sebagaimana pada zaman revolusi dahulu, nilai-nilai kejuangan dan kepahlawanan HMI dalam konteks keIndonesiaan harus terus diaktualkan berdasarkan tuntutan zaman.” Pungkas Mahfud.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar