.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

05/11/13

Produksi Melimpah, Harga Rendah, Penjual Mangga di Takalar, Resah

TAKALAR, TURUNGKA.COM – Beberapa hari terakhir, harga buah mangga di Takalar menurun. Hal ini ditenggarai karena melimpahnya jumlah produksi buah mangga dari panen para petani yang mempunyai pohon mangga .

Seorang penjual buah di pasar Sentral Takalar yang bernama Daeng Jintu mengeluhkan kondisi ini, “Sebelum mangga banyak begini, harganya mulai dari yang kecil sampai yang besar, berkisar antara lima ribu sampai sepuluh ribu rupiah.”

Meningkatnya volume panen petani mangga mengakibatkan stabilitas harga terganggu. “Sekarang sudah beberapa hari pasar, saya jual mangga dengan harga seribu untuk satu buah, bahkan sampai seribu untuk dua buah, sudah tidak ada yang melirik, apalagi membeli.” Keluh Daeng Jintu.

Menghadapi kondisi ini, Daeng Jintu mengaku lebih memilih mengirimkan buah mangga yang dia miliki ke sanak saudara yang jauh di Kendari sebagai bingkisan dari pada menjual di pasar.

Daeng Bani, penjaga kebun mangga milik Haji Limpo yang berpopulasi sebanyak tiga puluh lima pohon juga mengeluh, “Gara-gara harga mangga yang jatuh, jarang orang yang mau beli mangga, tapi saya masih berharap adaji pembeli seperti musim-musim yang lalu.”


“Tapi, sampai sekarang belumpi ada yang muncul ini, kalau sampai mereka tidak ada, tidak tau'mi mau diapakan mangga-mangga yang banyak ini.” (mdt/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar