.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

16/11/13

Tanakeke Akan Jadi Kecamatan Kepulauan di Takalar

PATTALLASSANG, TURUNGKA.COM – Kepulauan Tanakeke adalah untaian kepulauan yang terdiri dari Pulau Tanakeke, Bauluang, Satanga, dan Dayang-dayangan. Kepulauan Tanakeke masuk dalam wilayah Kecamatan Mappakasunggu.

Untaian kepulauan ini menyimpan berbagai obyek wisata yang potensial untuk dikembangkan demi akselerasi perekonomian masyarakatnya. Di sana terdapat perpaduan objek wisata alam yaitu agrowisata, berburu/atraksi menangkap ikan, wisata pantai dan penyelam.

Di kepulauan Tanakeke, tersimpan keanekaragaman hayati yang khas dan jarang ditemukan di kawasan lain. Di Tanakeke dengan mudah kita menemukan ikan Baronang, ikan Biawasa, serta Kepiting Dato’ dengan ukuran cangkang yang bisa mencapai 25 cm.

Di sana juga terdapat pesona hutan bakau, didukung oleh keberadaan terumbu karang yang asri. Ini merupakan tempat yang pas untuk wisata menyelam. Beberapa pulau juga memiliki hamparan pasir putih, yang bisa menjadi tempat permandian alam serta berjemur sambil menikmati ikan bakar.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, maka kawasan tersebut akan didorong untuk menjadi Kecamatan (persiapan) Kepulauan Takakeke pada tahun 2014, “Tanakeke akan kami jadikan kecamatan persiapan, tahun depan akan mulai diproses.” Jelas Bupati Takalar.

Ini merupakan bagian dari perencanaan pengembangan kawasan wisata di Kabupaten Takalar yang meliputi Pantai Boe (Kecamatan Galesong Utara), Pulau Sanrobengi (Kecamatan Galesong), Kepulauan Tanakeke (Kecamatan Mappakasunggu), dan Kawasan Pantai Puntondo (Kecamatan Mangarabombang). (idm/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar