.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

01/12/13

Santri Assalam Takalar Produksi Lampion Dari Kertas Koran

POLONGBANGKENG UTARA, TURUNGKA.COM – Hanya dalam waktu hanya dua minggu lebih, Muhajir dan beberapa orang temannya berhasil membuat lampion kamar tidur dari kertas koran sebanyak sembilan unit.

Kegiatan tersebut ini dilakukan bukan untuk dipasarkan sebagai produk ekonomi kreatir, melainkan sebagai persiapan pameran kerajinan yang akan digelar di Pondok Pesantren Assalam Desa Timbuseng Kecamatan Polongbangkeng Utara Kab. Takalar.

Bu Manija salah satu guru yang mengajarkan kerajinan itu menuturkan bahwa inspirasi membuat lampion kamar tidur itu didapatkan saat menghadiri pameran seni di luar Takalar.

Tak mudah membuat lampion dari kertas koran, karena harus membutuhkan kesabaran yang tinggi, “Untuk membuat lampion ini, paling cepat biasanya selesai 1 buah perhari. Itupun kalau kita serius,” tambah Ustadzah yang disantuni ini.


“Dulunya saya melihat kerajinan seperti ini di salah satu pameran di luar Takalar. Dari situlah saya belajar dan berinisiatif mengajarkannya kepada santri-santri yang ada di sini," ungkap guru yang sering disapa Ustadzah oleh para santrinya.

“Sejak dua tahun lalu kita pernah diajarkan kerajinan tangan, pernah membuat dompet untuk ibu-ibu yang suka ke pasar dan itu masih berlanjut sampai sekarang dengan membuat lampion." Jelas Muuhajir.

Lanjut Muhajir “Saya sangat berterima kasih kepada para guru yang mengajarkan kerajinan ini, karena sebagai santri yang mondok di pesantren, kan ini dapat bernilai ekonomis buat kami,” sambung siswa kelas 2 itu. (rdm/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar