.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

14/03/14

A.M. Fatwa: Saya Diinspirasi oleh Tjokroaminoto dan Hamka

JAKARTA, TURUNGKA.COM – “Dua tokoh besar yang selalu menginspirasi saya melalui bukunya hingga saat ini adalah Tjokroaminoto dan Buya Hamka.” Ujar A.M. Fatwa ketika memberikan amanah pada Pembukaan Majelis Syuro ke-XII Pemuda Muslimin Indonesia, jum’at (14/03/2014) sore.

Masih menurut Fatwa, “Sikap politik saya senantiasa dipandu oleh buku Sosialisme Islam serta Program Azas dan Tandhiem dari Tjokro, dan buku Ayah serta Tasawuf Modern dari Buya Hamka. Keduanyalah yang membentuk kepribadian saya.”

Aktivis Islam yang pernah menjadi tahanan politik di era orde baru karena kasus Tanjung Periuk mengakui ketersambungan idealisme perjuangan dengan Pemuda Muslim, “Meskipun saya bukan kader SI-Indonesia maupun Pemuda Muslim, tapi kita diinspirasi oleh pemikiran tokoh yang sama, Tjokro.”

“Tjokro ini unik, meskipun dia aktivis Islam, namun dari didikannya mampu melahirkan tiga tokoh besar dalam sejarah bangsa ini. Ketiganya berjuang demi bangsa dan negara dengan ideologi yang berbeda.” Jelas Fatwa.

Ketiga tokoh dimaksud adalah Semaun dengan ideologi Komunis yang kemudian menjadi pentolan Partai Komunis Indonesia, S.M. Kartosoewirjo dengan ideologi Islam melalui Partai Masyumi, kemudian melalui DI/TII, serta Soekarno yang nasionalis dan berjuang melalui Partai Nasionall Indonesia.


Pada kesempatan tersebut, Fatwa berharap agar kader-kader Pemuda Muslim bisa menjadi tokoh sebagaimana murid-murid Tjokto tersebut. (ist/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar