.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

18/03/14

Koalisi Perempuan Indonesia Gelar Seminar

SUNGGUMINASA, TURUNGKA.COM – Untuk membangun daya kritis perempuan Indonesia, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) menggelar Seminar, yang dirangkaikan dengan Konferensi Cabang I KPI Cabang Gowa.

Adapun tema seminar yang digelar pada hari selasa (18/03/2014) dan dihadiri peserta sekitar 150 orang yang terdiri dari aktivis NGO lokal, Anggota Balai Perempuan KPI, Pemerintah, anggota legislatif Kab. Gowa ini, mengangkat tema “Perempuan di Wilayah Tambang”.

“Untuk membahas materi ini, kami menghadirkan pemateri seperti Kanda Zohra Andi Baso (Presidium Nasional KPI), Hasniati Hayat (anggota DPRD Kab. Gowa), dan Agus Edi (Staf Dinas Pertambangan Kab. Gowa),” jelas ketua panitia kegiatan, Nellyathi Makkarumba.

Masih menurut Nellyathi, perempuan penting untuk bicara tentang tambang karena dampak negatif dari tambang sangat berpengaruh terhadap perempuan, “Misalnya, minimya upah yang didapatkan serta ada proses pemiskinan terhadap perempuan.”

Pemiskinan perempuan yang dimaksud, terjadi karena hilangnya mata pencahariam seiring dengan hilangnya lahan perkebunan yang dialihfungsikan menjadi lahan tambang, sehingga terjadi pengalihan mata pencaharian bahkan terjadi pengangguran karena perempuan kehilangan sumber-sumber ekonomi.


“Selain itu, rusaknya lingkungan, rusaknya lahan, korban jiwa serta munculnya konflik, kekerasan seksual di wilayah tambang, perlu pendapatkan pengawasan dari semua pihak, terutama DPRD, dan dukungan organisasi seperti KPI untuk menlahirkan regulasi terkait perempuan di wilayah tambang.” Pungkas Nellyathi. (ist/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar