.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

11/04/14

Anies Baswedan: Konvensi Cara Benar, Jadi Harus Tuntas

JAKARTA, TURUNGKA.COM - Calon Presiden peserta Konvensi Partai Demokrat Anies Baswedan mengatakan Partai Demokrat harus percaya diri untuk tetap menuntaskan proses konvensi sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Konvensi adalah cara benar dan modern dalam politik, karena itu harus tuntas.

“Partai Demokrat harus percaya diri untuk memimpin sehingga bisa memunculkan figur keempat. Konvensi harus dituntaskan sampai selesai," ujar Anies Baswedan di Jakarta, Jumat (11/04/2014).

Menurut Anies, hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga yang menempatkan Demokrat pada posisi keempat dengan kisaran suara 9 persen tak membuat peluang Demokrat untuk mengusung calon presiden tertutup.

Rektor Universitas Paramadina itu melihat, perolehan suara Demokrat berdasarkan hasil hitung cepat saat ini sebenarnya cukup meyakinkan. Pasalnya, sebelum pemilu dilakukan, banyak survei dan pengamat yang memprediksi Demokrat hanya mendapat 5-6 persen.

Dengan perolehan suara diperkirakan 9-10 persen, Anies meyakini Demokrat masih bisa merangkul partai-partai koalisi Indonesia Bersatu, kecuali Partai Golkar.

“Kecuali Partai Golkar, Demokrat punya suara tertinggi. Ini peluang,” ujar Mantan Ketua Komite Etik KPK itu. 

Tidak Sepakat Dahlan Iskan dan Marzuki Alie
Keyakinan itu, kata Anies, semakin kuat karena tidak ada suara yang terfokus pada satu kubu saja. Oleh karena itu, ia mendesak Demokrat untuk tetap melanjutkan proses konvensi.

 Dia tidak sepakat dengan sikap peserta konvensi lainnya, Dahlan Iskan dan Marzuki Alie, yang meminta konvensi segera dihentikan. Konvensi, sebutnya, harus menjadi contoh saat partai-partai lain sibuk bermanuver mencari keuntungan praktis.

"Demokrat punya 11 pilihan. Bisa pilih salah satu berdasarkan survei dan macam-macam. Konvensi sebagai terobosan baik ini, jangan sampai jadi rujukan supaya tidak gunakan konvensi sebagai rekrutmen pemimpin," katanya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Andi Nurpati mengatakan, dengan melihat hasil hitung cepat, partainya kemungkinan akan realistis untuk menurunkan target dari capres menjadi cawapres.

Sementara itu, Ketua Komite Konvensi Maftuh Basyuni menilai, keinginan Demokrat tetap memajukan capres akan menjadi tidak relevan dengan melihat perkiraan hasil pemilu. Namun, Komite Konvensi masih menunggu keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat tentang kelanjutan proses konvensi. Jika sesuai jadwal, pemenang konvensi akan diumumkan pada awal Mei 2014. (ist/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar