.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

16/04/14

Sosiolog: Demokrat Bisa Kehilangan Pamor Jika Depak Anies dari Konvensi

JAKARTA, TURUNGKA.COM - Menguatnya isu terlemparnya Anies Baswedan dari Konvensi Partai Demokrat membuat banyak pihak angkat suara.

Setelah Ahmad Mubarok, Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, menyangkal isu tersebut dari lingkup internal partai, kali ini pakar sosiologi dari Universitas Airlangga (UNAIR), Novri Susan memberikan pendapatnya.

Novri mengatakan bahwa jika benar Anies terlempar dari Partai Demokrat maka dapat merugikan bagi Demokrat itu sendiri. "Jika Anies dari kalangan non partai benar-benar terdepak, pengaruhnya akan jelek sekali bagi Partai Demokrat. Ini akan mereduksi kepercayaan Demokrat sebagai partai politik yang berani mengajukan pemimpin secara terbuka," jelas Novri melalui sambungan telepon.

Novri juga menambahkan, "Jika itu terjadi justru semakin menguatkan anggapan bahwa kandidat yang nanti diajukan hanya sekadar terdesain."

Novri juga mengungkapkan segala kemungkinan masih bisa terjadi. "Jika misalnya Anies yang diajukan bisa memberi pengaruh positif bagi Demokrat. Ini memberi indikasi bahwa artinya Demokrat partai yang terbuka. Bahkan, karena Anies bukan dari kader Demokrat ia bisa berdiri di atas kepentingan faksional jika Demokrat mau berkoalisi dengan Partai-Partai Islam misalnya," paparnya.


Ahmad Mubarok sendiri terus menegaskan bahwa terlemparnya Anies dari konvensi hanyalah isu. "Tidak ada isu itu," ungkapnya tegas. Ia juga menegaskan bahwa kader dan non kader bukanlah pertimbangan bagi Demokrat. "Bisa dari internal maupun eksternal, kita lihat realitas politiknya seperti apa," tutup Mubarok. (ist/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar