.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

09/06/14

Sekda Takalar Pimpin Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional

PATTALLASSANG, TURUNGKA.COM - Keberhasilan dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup sebagai daya dukung sangat tergantung pada bagaimana harmonisasi proporsional kinerja semua unsur sebagai pilar yang saling bersinergi antara Pemerintah dan Masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Takalar Ir. H. Nirwan Nasrullah, M.Si saat memimpin Upacara peringatan hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 juni setiap tahun, yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Takalar, Senin (09/06/2014).

Pada upacara yang dihadiri oleh Kepala SKPD Kab. Takalar serta para Staf Lingkup Pemda Takalar ini mengangkat tema “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim”.

Dalam sambutan tertulis menteri Negara Lingkungan Hidup RI Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA yang dibacakan oleh Sekda Takalar, dijelaskan bahwa Tema ini sangat relevan dengan Negara kita, karena selain sebagai Negara kepulauan dengan 13.466 pulau dengan panjang pesisir 95.181 km, memiliki potensi SDA yang sangat memadai. 

“Dalam mengatasi perubahan iklim, Pemerintah telah menetapkan kebijakan berupa penurunan emisi atas kondisi pemenuhan kepentingan sebesar 26 % hingga pada tahun 2020, melalui kebijakan adaptasi dan mitigasi sebagai amanah Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.” Baca Nirwan.

Lanjutnya, berbagai bencana ekologis yang terjadi adalah akibat pemanfaatan sumber daya alam yang tidak berwawasan pada konsep pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.


Dalam akhir sambutannya beliau menjelaskan bahwa peringatan hari Lingkungan Hidup Tahun 2014 diharapkan menjadi momentum kesamaan padang dan langkah dalam pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup yang arif, konsisten serta komitmen yang tinggi dalam menciptakan keselarasan dan keseimbangan Sumber Daya Alam (SDA) dengan pertimbangan bagaimana menyediakan dan memenuhi kebutuhan generasi mendatang. (ist/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar