.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

27/10/14

Anies Baswedan Dorong Transparansi dan Kolaborasi di Kementeriannya

JAKARTA, TURUNGKA.COM - Dipercaya mengemban amanat menjadi menteri kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan mengungkapkan sikap dasarnya dalam mengelola kementerian tersebut.

Anies adalah salah satu dari kalangan profesional yang dipilih oleh Jokowi untuk menjadi menteri. Bagi Anies yang pertama akan ia dorong adalah perspektif baru dalam mengelola kementerian.

“Perspektif yang harus terus didorong adalah bahwa masalah di negeri ini adalah masalah milik bersama dan setiap warga bisa menjadi bagian dari solusi,” buka Anies. Penggagas Gerakan Indonesia Mengajar ini mengatakan bahwa dengan perspektif tersebut maka kementerian perlu untuk beradaptasi dengan perubahan.
“Semua tata pemerintahan di dunia saat ini mendorong transparansi. Transparansi akan menghadirkan kepercayaan publik pada pemerintah, ini yang perlu kita dorong bersama,” ungkapnya.

Bagi Anies selain transparansi yang juga penting adalah kolaborasi. “Saat ini adalah era ketika setiap orang bisa terlibat. Semangat anak muda untuk perubahan ini harus kita dorong untuk terlibat. Kementerian bukan saatnya lagi menutup diri, saatnya kita mendorong kolaborasi dengan beragam kalangan,” papar Anies.

Mantan Deputi Kesra Tim Transisi ini menambahkan kolaborasi bisa dilakukan dengan beragam pihak mulai dari sektor privat, NGO, atau beragam komunitas
masyarakat.

Anies mengatakan melalui perspektif baru yang mendorong transparansi dan kolaborasi maka kepercayaan publik pada kementerian dapat meningkat. “Salah satu masalah utama negeri ini adalah trust yang rendah pada pemerintah.

Dengan mendorong transparansi dan kolaborasi di masing-masing kementerian maka peningkatan kepercayaan perlahan-lahan bisa meningkat,” pungkasnya. (ist/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar