.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

25/10/14

Legislator Takalar Dorong Terbentuknya Desa Adat

PATTALLASSANG, TURUNGKA.COM - Takalar merupakan sebuah daerah yang menghimpun beberapa wilayah kerajaan atau kakaraengan seperti Galesong, Sanrobone, Polongbangakeng dan Lo’moka Ri Laikang.

Kerajaan-kerajaan inilah di masa lalu yang menjadi ujung tombak perjuangan masyarakat Takalar, baik pada saat berjuang melawan penjajah, ketika merebut kemerdekaan sampai dalam mengisi kemerdekaan.

Kerajaan-kerajaan itu banyak memberikan sumbangsi bagi kemajuan daerah Takalar pada khususnya. Hal ini jugalah yang menjadikan Takalar kaya akan nilai-nilai tradisi dan budaya. Spirit dari masa lalu inilah yang menggugah Makmur Mustakim legislator PPP di DPRD kabupaten Takalar untuk menginisiasi terbentuknya Desa Adat Di Takalar.

Menurutnya, “Kekayaan tradisi lokal kita kian hari kian tergerus oleh pengaruh dari luar, pengaruh globalisasi. Sehingga banyak dari anak-anak kita yang kehilangan jati dirinya sebagai orang Takalar.”

“Sesuai dengan fungsi kita di DPRD maka saya berupaya mendorong terbentuknya desa adat, sebagai counter budaya asing. Kedepannya akan ditunjuk salah seorang dari desa adat itu sebagai semacam tetua adat,” ungkap makmur.

Ketika ditanya tentang teknis desa adat itu beliau mengembalikan kepada anngota DPRD lain untuk membuat pereturannya. “Ide ini hanya saya lemparkan kepada teman-teman, persoalan teknisnya nanti kita bahas lebih lanjut’. Pungkas pria yang karib disapa Daeng Lewa itu, Jum’at (24/10/2014) malam.


Hal ini menuai dukungan dari kalangan muda Takalar, Ketua I Pemuda Muslim Indonesia Cab. Takalar, syaharuddin, S.Pd.I menuturkan, “Hal ini tentunya sangat positif khususnya bagi kaum muda Takalar, untuk lebih menghargai budayanya sendiri, terkait regulasinya kami siap mengawal.” (idm/kdm) 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar