.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

27/11/14

Ini Alasan Mappajarungi Menulis Karaeng Galesong Sang Penakluk Mataram

GALESONG,TURUNGKA.COM – “Ada kontroversi bahwa apa benar yang menaklukkan Mataram adalah Trunujoyo atau Karaeng Galesong, inilah yang ada di benak saya sehingga saya melakukan riset mulai tahun 2004.”

Hal tersebut diungkapkan oleh Mappajarungi Manan, penulis novel sejarah tentang KaraengGalesong yang berjudul Karaeng Galesong Sang Penakluk Makassar ketika ditemui di galesong, kamis (27/11/2014) pagi.

Ditemui di sela-sela persiapan peluncuran bukunya, Mappajarungi mengungkapkan bahwa setelah melakukan pengumpulan data sejak tahun 2004, dia menyimpulkan bahwa yang menaklukkan kerajaan Mataram atau yang mengalahkan Amangkurat I adalah Karaeng Galesong.

Tambah Mappajarungi, “Trunujoyo memang menginginkan dapat menaklukkan Mataram akan tetapi pasukan yang dimilikinya kalah banyak oleh pasukan Karaeng Galesong yang bernama lengkap I Manindori Kare Tojeng Karaeng Galesong.”

“Ketika datang ke Demung, Karaeng Galesong disertai ribuan prajurit,  dibantu oleh 5000an pasukan Karaeng Bontomarannu dan Karaeng Mammar dari Banyuwangi. Pasukan inilah yang digunakan Karaeng Galesong menaklukkan Mataram.”

Masih menurut Mappajarungi, pasukan Makassarlah yang berhasil menguasai Tuban, Pekalongan, Patih sehingga pesisir utara dikuasai otomatis dikuasai oleh pasukan Makassar. “Setelah itu, berkumpullah mereka di Semarang dan bersiap menyerang.”


“Meskipun Karaeng Bontomarannu sempat tidak bersemangat untuk menyerang, tapi Karaeng Galesong tetap mengokohkan pendiriannya untuk menaklukkan Amangkurat I.” Pungkas nvelis yang berdomisili di Meulborne, Australia ini. (rdm/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar