.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

20/01/15

Pemkab Takalar Gelar Maudu Lompoa Ri Cikoang Takalar

MANGARABOMBANG, TURUNGKA.COM – Pemerintah Kabupaten Takalar melalu Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) menggelar ritual Maudu’ Lompoa Cikoang, Kecamatan Mangarabombang, selasa (20/01/2015).

Maudu’ Lompoa Cikoang (Maulid Akbar Cikoang) adalah pesta keagamaan masyarakat Cikoang yang sarat dengan nilai-nilai budaya yang terus dilestarikan turun temurun oleh masyarakat Cikoang yang juga merupakan salah satu obyek wisata di Kab. Takalar tiap tahunnya. 

Ritual ini merupakan perpaduan dari unsur atraksi budaya dengan ritual keagamaan yang digelar setiap tahun di bulan Rabiul awal sesuai kalender Hijriyah.

Sebagai turunan Nabi Muhammad SAW yang datang menyebarkan ajaran Islam di Cikoang dan sampai saat ini dikenal dengan rumpun Keluarga Sayyek, masyarakat Cikoang begitu menjaga tradisi maulid ini.


Kegiatan yang dihibur oleh Sanggar Royong SMN 3 Takalar dan Grup Kasidah Madrasah Aliyah Bulukunyi Pol-Sel asuahan Kementerian Agama Kab. Takalar ini dihadiri Wakil Bupati Takalar H. M. Natsir Ibrahim, SE, Sekkab Ir. H. Nirwan Nasrullah, M.Si, Ketua dan anggota DPRD, Para Anggota Forkopimda, Para Para pimpinan SKPD, Para raja dan Permaisuri, Camat Mangarabombang serta Para Tokoh masyarakat. (ist/kdm)

Fhoto: Dok. Humas Pemkab Takalar
Share:

0 komentar:

Posting Komentar