.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

18/03/15

Hebat! Murid SD 5 Ballo Takalar Ciptakan Antena TV dari Kaleng Bekas

PATTALLASSANG, TURUNGKA.COM - Tidak mau ketinggalan memamerkan hasil karyanya, murid SDN 5 Ballo Takalar, berhasil menciptakan sebuah antena yang dibuat dari kaleng bekas minuman Coca Cola dan Sprite.

Karya inovatif itu dipaparkan dalam pameran pendidikan Usaid Prioritas bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Takalar di gedung Islamic Center Takalar, Rabu (18/03/2015).

Bahannya dari dua buah kaleng bekas coca cola atau sprite yang masih punya cincin. Kedua cincin dikaitkan dengan masing-masaing ujung kabel antena, yang biasanya sudah dibagi seratnya menjadi kutub positif dan negatif. Kedua kaleng itu dipisahkan sepanjang 40 centi meter dan dikaitkan dengan kayu. Kayu tersebut dicantolkan di sebuah bambu yang tingginya kurang lebih 1,5 meter.

Sebelum melihat hasilnya, Gilang, salah satu murid kelas VI SDN 05 Ballo mencolok dulu antenna dalam yang sudah paten ke televisi. Hasilnya tentu saja terang.

Untuk membandingkan, anak-anak kemudian mencolokkan antena hasil kerjanya. Hasilnya luar biasa, lebih terang dan lebih baik.

"Jadi kalau dirumah tidak ada antena, kita dengan sederhana bisa membuat sendiri seperti ini. Bahkan kita bisa modifikasi sendiri dengan bentuk-bentuk tertentu sehingga bisa menyerap sinyal siaran lebih tajam," ujar guru pembimbing, Asmawati.

Hasil karya ini merupakan produk pembelajaran IPA tentang energi listrik. "Sebenarnya semua mata pelajaran di sekolah, jika kita kreatif bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Kalau kita paham dengan pembelajaran kontekstual, dan menyangkutkan pelajaran dengan pemecahan masalah lingkungan sekitar, akan selalu muncul pikiran-pikiran yang kreatif," ujarnya lagi.

Pameran Pendidikan Usaid Prioritas diselenggarakan di beberapa kabupaten mitra di tujuh provinsi di Indonesia, salah satunya di Takalar.

Terdapat juga panggung tempat anak-anak mendemonstrasikan produk-produk inovasi mereka berdasarkan pembelajaran yang mereka terima.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar