.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

12/08/15

Kemendikbud Arusutamakan Program Membaca

JAKARTA, TURUNGKA.COM - Bersamaan dengan dimulainya tahun pelajaran 2015/2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan program Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti melalui serangkaian kegiatan non kurikuler di seluruh sekolah di Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di Jakarta mengatakan bahwa Budi Pekerti Luhur bisa tercapai salah satunya lewat internalisasi nilai moral dan spiritual. Berbagai kegiatan dapat dilakukan untuk mendukung gerakan ini di sekolah dimulai semenjak sebelum memulai pembelajaran.

Salah satu contohnya adalah membaca buku non pelajaran sekitar 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai. Setelah itu, ketika pelajaran hendak dimulai,  maka kegiatan diawali dengan doa dipimpin siswa di bawah bimbingan guru.


Program membaca rutin perlu diarusutamakan di sekolah, mengingat tingkat literasi menentukan masa depan siswa. Penelitian yang dilakukan oleh UNESCO tentang minat baca di Indonesia pada tahun 2012 memperlihatkan hasil yang memprihatinkan, dari 1000 orang, hanya satu yang memiliki minat baca. (ist/kdm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar