.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

18/05/17

Lembaga Adat Lo'mo Sampulungan Gelar Pesta Rakyat "Appaddekko"

Ketua Lembaga Adat Lo'mo Sampulungan,  Syamsul Rijal,  SH. MH
GALUT, TURUNGKA.ID. Dengan mengusung tema "Melalui pesta rakyat kita lestarikan budaya Appaddekko sebagai wujud kearifan lokal Desa Sampulungan" Lembaga Adat  Lo'mo Sampulungan Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar menggelar Pesta Rakyat Appaddekko 2017. Kamis, 18/5/2017.

Appaddekko adalah sebuah aktivitas kebudayaan makassar yang setiap tahun dilakukan oleh warga dengan memukul lesong.

Dalam Sambutannya, Ketua Adat Lo'mo Sampulungan Syamsul Rijal mengatakan selain dari Appaddekko yang dikenal di Desa Sampulungan juga adalah "Situnrung Balo dan Sigangrang Batu" yaitu saling memukul menggunakan balok dan dilempari batu.

Menurut Syamsul Rijal bahwa kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya dan budaya ini sudah turun-temurung dilakukan oleh masyarakat Sampulungan.

Olehnya itu,  kandidat doktor hukum UMI Makassar ini berharap kegiatan adat ini bukan hanya dapat mengangkat nama Desa Sampulungan tapi bisa juga meraih penghargaan dari Unisco.

"Kita berharap bukan saja menjadikan Sampulungan ini terkenal, tapi bagaimana caranya Appaddekko ini bisa diakui oleh Unisco,  itu menjadi harapan kita" Ujar Ketua Lembaga Adat yang juga Sekretaris Desa Sampulungan.

Sementara itu Kepala Desa Sampulungan,  Hj.  Nurhaedah mengapresiasi kegiatan yang luar biasa ini.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Adat Lo'mo ini,  juga Karang Taruna yang turut membantu serta dukungan dari pihak kabupaten" syukur Kepala Desa dari kaum hawa ini.

Acara Pesta Rakyat Appaddekko 2017 ini turut dihadiri Anggota DPRD Sulsel,  Fahruddin Rangga,  Dinas Pariwisata Takalar,  Camat Galesong Utara dan Puluhan Tokoh Masyarakat. Kegiatan inipun dirangkaikan dengan pelantikan karang taruna Desa Sampulungan.  (rdp)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar