.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

17/05/17

Naik Kelas, Saatnya Dewasakan Hati juga Kesadaran

TAKALAR, TURUNGKA.ID. Tak terasa, waktu setahun akan segera berakhir. Sepertiga masa remaja di jenjang SMA telah melahirkan sejumlah kenangan indah yang tak akan terlupa. Tentu dengan harapan, ketika naik kelas XI, proses pendewasaan jiwa remaja makin menemukan momentum yang amat mendalam.

Bagi, Asri Handayani, siswi kelas X IIS 1, SMAN 1 Takalar, yang dijumpai dalam kelasnya, Rabu pagi (17/05/2018) bahwa naik kelas itu bukan sekedar menjadi lebih senior karena akan masuk siswa-siswi yang lebih junior. Naik kelas itu berarti kesempatan untuk terus mereformasi pikiran dan tindakan yang kadang masih kenakak-kanakan.

"Banyak orang yang bertambah umurnya, namun tutur kata dan perbuatannya tidak mencerminkan kedewasaan. Ibaratnya, mereka adalah sekumpulan buah, yang ketika tua, tak bisa memberi rasa enak yang terbaik," urai gadis pemalu, pebulutangkis handal di Pa'bentengan ini.

Pendapat yang senada juga diungkapkan rekan kelasnya, Istifa Amaliah. Menurutnya, naik kelas menjadi simbol kedewasaan dalam memahami hidup yang lebih bermakna.

"Jikalau setiap siswa memahami bahwa naik kelas harus disertai peningkatan kesadaran jiwa yang lebih tinggi, tentu saja generasi muda Indonesia dapat berkembang dengan pesat. Kita sangat menanti bangkitnya kesadaran akan nasionalisme baru, nasionalisme yang mampu menggerakkan kaum pelajar Indonesia agar berkontribusi bagi bangsa dan negara sejak mereka masih di bangku sekolah," terang murid kesayangan Ibu Hj. Kamasiah. (zdr/rdp)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar