.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

21/12/17

Hujan Tak Reda, Persawahan Berubah Jadi Sungai

Takalar, TURUNGKA.ID. Sudah seminggu hujan betah mengguyur pelosok Nusantara,  tak terkecuali Butta Panrannuangku, Kabupaten Takalar. Akibat curah hujan yang intens dan lebat, puluhan hektar sawah berubah menjadi sungai.

Ketua Tani Muda Takalar,  Ahmad Husain mengatakan akibat cuaca buruk seperti ini, petani akan mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

"Puluhan hektar sawah yang telah ditanami padi menjadi terendam.  Biaya operasional petani membengkak,  kerugian petani pasti jutaan rupiah" ujar petani muda asal Galesong ini, 21/12/2017.

Tambah Ahmad, lahan yang ditanami pada musim tanam ini di Takalar, hampir 90 % yang selesai. Olehnya itu tentu hampir semua petani di Takalar bakal mengadakan penanaman ulang. Namun menurut petani yang aktif menggunakan teknologi dalam pertaniannya, kondisi ini bukan semata-mata karena hujan,  tapi Irigasi yang menjadi saluran pembuangan air ke sungai tidak berbanding,  apalagi banyak drainase yang tersumbat dan rusak.

"Bukan persoalan hujan semata,  tapi drainase kita tidak memadai,  apalagi kalau ada yang tersumbat dan rusak" ujarnya.  (rdp)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar