.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

27/12/17

Tempat Sampah di Ambang Senja

Takalar, TURUNGKA.ID. Kebersihan adalah sebagian dari iman, begitulah kredo agama  yang sering dijadikan slogan di dalam mendidik masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan.

Budaya menjaga kebersihan nampaknya masih kurang mengakar dalam pola perilaku masyarakat. terlihat dari masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat

Peringatan yang mengandung umpatan dan ancaman pun seperti "Anjing yang membuang sampah di sini atau yang buang sampah di tempat ini, kafir" seolah tidak memiliki daya magis.

Kesadaran tentang pentingnya kebersihan memang sesuatu hal yang masih cukup sulit ditumbuhkan, seluruh elemen masyarakat harus bekerja sama secara paripurna mulai di tingkat stakeholder hingga masyarakat paling bawah.

Salah satu tindakan yang dapat dilakukan pemerintah untuk mendukung tumbuhnya kesadaran tentang pentingnya kebersihan bagi masyarakat adalah dengan mengadakan fasilitas penunjang seperti tempat sampah.

Sulitnya mengakses tempat sampah bagi sebagian masyarakat dapat menciptakan sifat apatis di dalam menjaga kebersihan, hal itu seharusnya menjadi perhatian buat pemerintah  untuk berupaya mengadakan tempat sampah, mulai di sekitar perumahan warga hingga di ruang-ruang publik.

Seperti halnya kondisi tempat sampah yang terdapat di Lapangan Makkatang Daeng Sibali Kabupaten Takalar, 27/12/2017. Pagi. Kondisi tempat sampah yang terbuat dari pendayagunaan drum minyak nampak menghawatirkan. Kondisinya sudah di ambang senja, hal ini tentu membuat orang-orang tidak lagi mampu memanfaatkan nilai guna dari tempat sampah tersebut. Bahkan secara estetika merusak pemandangan.

Tidak hanya berhenti sebatas pengadaan tempat sampah, pemerintah juga harus melakukan pengawasan terhadap kondisi tempat sampah yang sudah tersedia. Jangan sampai menyandang predikat tidak layak.

Kini hal yang demikian membuat masyarakat yang menghabiskan waktu luang di lapangan Makkatang Daeng Sibali sudah barang tentu tidak lagi memiliki akses untuk membuang sampah pada tempatnya.

Dampak yang terjadi kemudian, membuang sampah di sembarang tempat adalah alternatif terakhir bagi orang-orang yang memang kurang sadar tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Hal ini tentu harus menjadi perhatian buat wakil Bupati dan Bupati Terpilih, agar bisa lebih serius memperhatikan kebersihan di Kota Takalar. salah satunya memperhatikan fasilitas penunjang seperti tempat sampah. (mdj/rdp)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar