.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

14/03/18

Forum Pemerhati Galesong Gelar Dialog Tokoh "Karaeng Galesong"

Galesong, TURUNGKA.ID. Dengan bekerjasama Dinas Parawisata Kabupaten Takalar,  Forum Pemerhati Galesong menggelar dialog tokoh di Aula UPT Dinas Pendidikan Galesong.  Rabu, 14/3/2018. Sore.

Dialog tokoh yang dilaksanakan mengusung tema "Semangat Juang I Mannidori Kare Tojeng Karaeng Galesong Menuju Gelar Pahlawan Nasional".

Ketua Panitia,  Sirajuddin Bantang mengatakan,  tujuan dialog ini untuk mensosialisasikan riwayat perjuangan I Mannidori Kare Tojeng Karaeng Galesong.

"Masih banyak orang galesong yang tidak tahu riwayat perjuangan I Mannidori ini,  kita berharap melalui dialog ini kita lebih banyak tahu peran dan perjuangan Karaeng Galesong dalam melawan Belanda" terang Sirajuddin Bantang,  S.Ag dalam sambutannya.

I mannidori Kare Tojeng adalah anak Raja Gowa Sultan Hasanuddin yang juga sebagai Karaeng Galesong meninggalkan Kerajaan Gowa setelah penandatanganan Perjanjian Bongaya.  Bersama Karaeng Bontomarannu,  menyatakan tak mau tunduk dan menerima tawaran Belanda.  Seumur hidupnya sejarah menanggalkannya sebagai pejuang yang melawan Belanda.

Sementara itu,  Ketua FPG,  Husain Maro,  S.Pd.i menambahkan dalam sambutannya bahwa ada tujuh belas orang Karaeng Galesong,  namun I Mannidori Kare Tojeng adalah Karaeng Galesong yang lebih banyak diabadikan dalam buku-buku sejarah.  Sehingga secara literatur sangat mendukung.

"Kita perlu satu persepsi di tempat ini bahwa meski banyak Karaeng Galesong menjadi pejuang,  tetapi yang lebih potensial diusung sebagai Pahlawan Nasional adalah I Mannidori Kare Tojeng" pungkas tokoh agama yang akrab disapa ustad Maro.

Dalam pelaksanaan dialog tokoh,  hadir Prof. Aminuddin Salle,SH.MH Ketua TP2GD pengusulan Karaeng Galesong sebagai pahlawan nasional,  Andi Makmur, MM,  Anggota DPRD Takalar,  Kepala Dinas Pariwisata Takalar,  Perwakilan Ormas,  Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat. (rdp)




Share:

0 komentar:

Posting Komentar