.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

14/03/18

Masyarakat Galesong Rekomendasikan "Karaeng Galesong" Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional

Galesong, TURUNGKA.ID. Melalui dialog tokoh yang digelar Forum Pemerhati Galesong di Aula UPT Dinas Pendidikan Galesong,  Rabu,  14/3/2018, Sore,  merekomendasikan Karaeng Galesong I Mannidori Kare Tojeng untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Dialog yang mengangkat tema "Semangat Juang I Mannidori Kare Tojeng Karaeng Galesong Menuju Gelar Pahlawan Nasional"  menghadirkan Andi Ilhamsyah Daeng Ngemba Karaeng Cambanga mewakili Sombaya Gowa yang dipanel oleh Ahmad Husain pemerhati sejarah Karaeng Galesong sebagai pemantik dialog.

Ahmad Husain,  yang membacakan makalahnya di depan peserta mengatakan spirit perjuangan perlu terus dirawat dan kaum muda jangan mau menyerah,  utamanya dalam usaha memperluas wawasan dan memperdalam keilmuan.

"di Malang, I Mannidori Kare Tojeng selain sebagai Karaeng Galesong yang begitu dimuliakan juga dikenal sebagai murid Sunan Giri, itu tertulis di tugu Karaeng Galesong.  Artinya I Mannidori Kare Tojeng adalah orang yang cerdas sekaligus paham agama" papar Ahmad Husain.

Daeng Ngemba yang akrab dikenal sebagai Karaeng Cambanga dari Gowa menambahkan, tak bisa dibantah bahwa heroisme I Mannidori Kare Tojeng yang tertuang dalam sejarah,  I Mannidori merelakan keluarga,  harta dan semuanya demi perlawanannya kepada Belanda.

"I Mannidori tak menerima keputusan ayahnya,  Sultan Hasanuddin. Dia memutuskan seluruh hidupnya melawan Belanda" tambahnya di tengah-tengah peserta dialog.

Pengusulan I Mannidori Kare Tojeng Karaeng Galesong sebagai pahlawan nasional terus menggema di kalangan masyarakat takalar,  sebelumnya Ketua Tim Pengkaji Pengusulan Gelar Daerah (TP2GD) Prof.  Aminuddin Salle, SH.MH bersama As Centre dan Dinas Pariwisata Takalar telah melakukan silaturahmi ke Kerator Pankualam Jogja dan Keraton Cirebon guna memberikan dukungan Karaeng Galesong mendapat gelar pahlawan nasional.  (rdp)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar