.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

21/07/18

Mahasiswa Unismuh: Warga Galesong Banyak Kena Diare Karena Tak Ada Jamban dan Tempat Sampah

GALESONG, TURUNGKA.COM. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar yang melakukan praktek penelitian di Dusun Tabbungcini Desa Galesong Kota Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar menemukan beberapa masalah sosial. 21/7/2018.

Salah seorang mahasiswa jurusan Manajemen, Akbar mengatakan pada saat mereka melakukan penelitian,  para mahasiswa menemukan beberapa masalah sosial di masyarakat yang perlu mendapat perhatian.

"Kita menemukan masalah kesehatan misalnya,  masyarakat sangat sering mengalami diare. Ini hampir semua responden mengeluhkan masalah ini" Terang Mahasiswa jurusan manajemen semester 6 ini.

Sementara itu,  Dosen pendamping DR. Buyung Romdani, MM mengatakan para mahasiswa yang dibagi menjadi 4 kelompok ini melakukan wawancara sebanyak 20 responden,  al hasil,  mereka menemukan beberapa masalah sosial yang masyarakat sangat mengeluh.

"Penyakit yang hampir setiap saat diderita oleh masyarakat di sekitar sini adalah Diare,  saat mahasiswa menggali informasi,  ternyata memang di sini banyak warga yang tidak punya jamban dan tempat sampah.  Jadi mereka BAB di Sungai,  buang sampah di sungai,  cebo di sungai,  ada juga yang memanfaatkan air sungai untuk mencuci" urai dosen Metodologi Penelitian Universitas Muhammadiyah Makassar ini.

Lanjut Alumnus Brawijaya ini,  bahwa saat warga ditanyai soal pengetahuan mereka soal masalah di atas,  para warga menjawab tak pernah mendapatkan sosialisasi ataupun bentuk penyuluhan,  olehnya itu Daeng Salle,  sapaan akrab dosen Fakultas Ekonomi ini berharap pemerintah setempat memperhatikan masalah ini.

"Ini masalah loh,  mereka seperti tak pernah diperhatikan pemerintah.  Padahal puskesmas Galesong di depan sana" pungkas Daeng Salle.  (rdp)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar