.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

26/11/18

Lutfie Natsir: Tahun Depan, Itprov. Sulsel Level 3 Kapabilitas APIP

MAKASSAR, TURUNGKA.COM - Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan, H. Lutfie Natsir optimis lembaga yang dipimpinnya bisa mencapai Level 3 Kapabilitas APIP (integrated) sesuai target RPJMN pada tahun 2019 mendatang.

"Saat ini Inspektorat Sulsel sudah berada pada level 2 atau infrastructure dengan kapabilitas penuh. Artinya, seluruh Key Process Area masing – masing elemen yang harus terpenuhi sudah kami penuhi seluruhnya, selangkah lagi kita bisa level 3."

Hal tersebut diungkapkan Lutfie saat dirinya memberi sambutan sebelum membuka Rapat Koordinasi Pengawasaan yang Lebih Komprehensif Dalam Rangka Telaah Sejawat Antar APIP antara Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi tenggara, dan Sulawesi Barat di Makassar, kamis (22/11/2018) pagi.

"Pelaksaan Telaah Sejawat Antar APIP ini merupakan salah satu program yang harus kita laksanakan sebagai syarat tercapainya level 3 Kapabilitas APIP, tentu dengan dukungan Quality Assurance (QA) oleh tim dari BPKP Pusat nanti." Lanjut mantan Kepala Biro Hukum Setda Prov. Sulsel.

Berdasarkan Perka BPKP Nomor : PER – 1633 /K/Jf/2011, dijelaskan bahwa Kapabilitas APIP adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas – tugas pengawasan yang terdiri dari tiga unsur yang saling terkait yaitu kapasitas, kewenangan, dan kompetensi SDM APIP yang harus dimiliki APIP agar dapat mewujudkan peran APIP secara efektif.

"Peningkatan kapabilitas merupakan upaya kita memperkuat, meningkatkan, mengembangkan kelembagaan, tata laksana atau manajemen dan sumber daya manusia Inspektorat selaku APIP agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara efektif." Terangnya lagi.

Adapun Tim Telaah Sejawat Inspektorat Sulsel dalam kegiatan yang akan berlangsung hingga sabtu (24/11/2018) tersebut adalah Ir. Amiruddin M.T. (Supervisi), Rosdiana, S.E., M.M. (Pengendali Teknis), Benyamin Sila, S.E., M.Si. (Ketua Tim), serta Zulfikar, S.H., M.Si., Andi Asmawali, S.H., M.H., Misbahuddin, S.E., Ilham Surono Arief, S.T., dan Hamka, S.E. (Anggota Tim).

"Bila sudah level 3, itu berarti bahwa Inspektorat sebagai APIP telah mampu menilai efisiensi, efektivitas, dan ekonomisnya suatu kegiatan serta mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian intern." Pungkas birokrat yang juga pernah menjabat Kepala Disdukcapil Pemprov. Sulsel ini.

Sumber: Edunews.Id
Share:

0 komentar:

Posting Komentar