.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

22/02/19

BPPP Bitung Berikan Bimtek Pengolahan Rumput Laut Untuk Petani Rumput Laut Di Takalar


TAKALAR, TURUNGKA.COM. Bertempat di Gedung PKK Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan,  Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Kementerian Kelautan dan Perikanan berikan Bimbingan Teknis Peningkatan Keterampilan Pengolahan Hasil Perikanan,  Jumat, 22/2/2019. Pagi.

Bimbingan teknis yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan ini dihadiri oleh ratusan petani dan pelaku usaha rumput laut yang ada di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.

Panitia Pelaksana,  Ronal M mengatakan pelaksanaan bimbingan teknis ini adalah bagian dari peningkatan sumber daya manusia para petani rumput laut di Kabupaten Takalar.

"Selama ini para petani rumput laut hanya bergerak di bidang budidaya, keringkan dan jual rumput lautnya.  Belum adanya upaya pengolahan rumput seperti buat selei,  kosmetik dan lain-lain" kata Ronal yang juga sebagai Koordinator Widyaiswara BPPP Bitung.

Tambah Ronal,  bahwa program bimbingan teknis ini bekerja sama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan komisi IV DPR RI yang diinisiasi oleh Irwan Zulfikar, MBA.

"Jadi kegiatan ini kerjasama dari Kementerian dengan Komisi IV,  jadi ini diinisiasi pak Irwan Zulfikar yang juga selaku anggota Komisi IV" tambahnya.

Pada materi pertama bimtek,  ratusan peserta diberikan pemahaman cara membuat selai dari rumput laut. Materi ini diberikan oleh Treesje, anggota Widyaiswara BPPP Bitung.

"Jadi selainya terbuat dari rumput laut,  tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan.  Kita juga ajari cara memilih jenis rumput laut yang berkualitas sehingga selainya bisa lebih enak dan berkualitas pula" tutur Treesje.

Pelaksanaan bimbingan teknis peningkatan keterampilan masyarakat ini dilaksanakan sehari, dimulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 16 sore.  (Ahm/rdp)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar