.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

26/06/19

Menghidupkan Budaya Literasi di Tubuh Hipermata

TAKALAR, TURUNGKA.COM. Kalo kita milihat secara realistis fenomena yang ada di dalam tubuh organisasi Hipermata aktivitas yang hadir hanya sebatas berkumpul, kegiatan serimonial yang jauh dari aktifitas produktif belajar.
Akhirnya sikap aptisme lahir dalam tubuh kader-kader Hipermata dan bersamaan dengan itu, lahirlah pragmatisme, sehingga kadang organisasi biasa terjerumus dalam sikap politik pragmatis karena minimnya pengetahuan yang dimiliki seorang kader Hipermata.

Terkadang kita lihat  arah dan cita-cita organisasi akan keluar dari orientasi awal karana bergesernya nilai-nalai  yang seharusnya terawat dari generasi ke generasi yang ada, nilai kritis nilai berlawan yang yang seharusnya tetap ada justru itu hilang disebabkan apatesmi untuk belajar.

Padahal untuk merawat marwah organisasi Hipermata ada pada bagaimana organisasi ini mampu mencetak kader-kader yang berkualitas secara intelektual agar mampu memberikan sumbang terhadap daerah dan masyarakat di tengah-tengah permasalahan yang dihadapi.

Kita meminjam apa yang dikatakan Karl Max bahwasanya ilmu pengtahuanlah yang mampu menyelamatkan seseorang, karna Max mengangap posisi pengetahuan sangat penting untuk mengaarahkan hidup dan kehidupan untuk menuju nilai keadilan, maka sangatlah penting untuk melestarikan budaya literasi untuk kader-kader Hipermata.

Usai pelaksanaan Musyawarah Besar pada 20-23 Juni beberapa hari lalu tentu saja menjadi awal yang begitu berat, mengingat amanah besar kini berada dipundak.  Namun,  kepercayaan dan keikhlasan selalu tumbuh disetiap hati para mujahid, itulah kemudian yang mendorong sehingga memudahkan langkah yang awalnya berat iti.

Budayakan membaca, menulis dan diskusi atau kajian sebagai bentuk yang menandakan organisasi ini sebagai harapan daerah dan masyarakat di masa depan karena ia akan mencetak kader-kader yang berintelektual yang nantinya sebagai tongkat estapek perjuangan.

Tahkifal Mursalin
Ketua PB Hipermata 2019-2021
(rdp)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar