.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

21/09/19

Cegah Disintegrasi Indonesia Dibalik Kasus Papua

JAKARTA, TURUNGKA.COM. Rentetan unjuk rasa yang berakhir dengan kerusuhan di beberapa kota di Papua dan beberapa kota lainnya selama 4 minggu sejak 19 hingga Agustus 2019 lalu masih menjadi PR dan kajian serius bagi Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI). Karena bangsa besar ini tidak boleh tercabik.

SEMMI menilai sebagaimana dikabarkan bahwa aksi yang telah menyebabkan kerusuhan dan pembakaran gedung DPRD, cederanya 3 orang aparat kepolisian dan lumpuhnya Bandara di Sorong sangat ironis, karena dalam suasana hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Indonesia yang semestinya seluruh elemen bangsa merefleksikan arti kemerdekaan dalam realita kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik dalam mengisi kemerdekaan, bukan malah bersikap dan bertindak yang justeru memicu disintegrasi bangsa.

Sesungguhnya, pemicu awal dari kekisruhan dan kekerasan itu adalah imbas dari insiden persekusi terhadap mahasiswa asal Papua di Surabaya. Bahkan, tuduhan tindakan rasisme itu pun merambat ke beberapa daerah, hingga puncaknya berlanjut ke tanah Papua sendiri.

Lebih jauhnya, bahwa isu Papua sesungguhnya bukanlah kasus baru. Aksi kerusuhan ini tidak lepas dari persoalan Papua secara keseluruhan yang belum terselesaikan sepenuhnya oleh Negara selama ini. Bahkan jika mau jujur, papua merupakan salah satu isu tersensitif bangsa, sekaligus ancaman terbesar dalam disintegrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sensitifitas isu Papua ini, karena Papua memilki inklinasi mentalitas yang mungkin saja berbeda dari daerah lain di negeri ini. Kekhasan suku, bahasa daerah, budaya dan kultural masyarakat Papua seharusnya menjadi kebanggaan sebagai bagian khazanah bangsa Indonesia.

Kemudian ancaman terbesar disintegrasi karena Papua memang sejarahnya diincar oleh beberapa bangsa besar lain yang punya kepentingan. Selain karena kekayaan alamnya, juga Papua bisa menjadi sebuah lokasi strategis bagi mereka yang berada dalam lingkaran pertarungan global. Maka wajar, jika disebut memungkinkan adanya pendompleng gelap di balik kejadian kerusuhan tersebut dari pihak-pihak yang menginginkan Papua lepas dari Indonesia.

Biasanya, ancaman disintegrasi bangsa disebabkan oleh ketidakadilan pemerataan pembangunan. Rasanya Papua saat ini tidak begitu. Karena klaim yang kita dengarkan selama ini pembangunan daerah Papua sangatlah besar selama pemerintahan Jokowi periode pertama. Bahkan, konon Jokowi yang dicap sebagai penyelemat kekayaan alam Papua selama ini banyak diperkosa oleh perushaan asing. Salah satunya adalah perushaan Freeport yang seolah mendirikan kota sendiri di negara Indonesia.

Semua hal di atas, seharusnya menjadikan bangsa ini, terlebih lagi mereka yang memiliki otoritas pemerintahan, untuk meresponnya secara tepat, sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Tentu dengan memperhatikan segala aspek yang terkait sehingga respon tidak seharusnya melahirkan permasalahan-permasalahan baru.

Akhir kata, dengan ini Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) memberikan peringatan keras untuk Pemerintah Indonesia agar tetap fokus dan lebih serius mencegah upaya-upaya sekelompok oknum yang menginginkan Papua lepas dari Indonesia.

Kita melihat adanya kekuatan-kekuatan luar yang punya kepentingan. Tidak saja kepentingan ekonomi dengan kekayaan daerah Papua. Tapi juga Papua bisa menjadi lokasi yang strategis baik secara politik global, bahkan militer dunia.

Jangan sampai hal besar ini dipandang sebelah mata sehingga isunya tidak lagi bisa terkontrol, dan bias terpolarisasi begitu saja. Indonesia perlu tegas ketika sudah menyangkut NKRI. Bukankah selama ini istilah NKRI adalah memang harga mati?

Oleh Muchammad Azizi Rois, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Sarekat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI)
Share:

2 komentar:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 1M saya stres hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan MBAH SORE, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi MBAH SORE kata pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering
    menyarankan untuk menghubungi MBAH SORE di 085-256-133-981 - situsnya agar di berikan arahan. Jarak jauh juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi MBAH SORE pasti akan men bantu anda - atau silahkan KLIK DISINI Terima kasih. PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGAKU INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI, MBAH JUGA MEMBANTU DALAM MASALAH ANGKA TOGEL 3D 4D 5D 6D 7D

    BalasHapus