.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

30/06/20

Kondisi Normal Baru, Kelurahan Bontolebang Terapkan Pelayanan Berbasis Online

GALESONG UTARA, TURUNGKA.COM - Pemerintah Kelurahan Bontolebang bergerak cepat menanggapi kondisi normal baru terkait mewabahnya Covid-19. Kelurahan yang terletak di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar ini membangun sistem aplikasi pelayanan persuratan online berbasis mobile web yang bisa diakses secara terbuka oleh warga khususnya di wilayah Kelurahan Bontolebang.

Aplikasi yang dikembangkan oleh kelompok Bank Data kelurahan Bontolebang diharapkan bisa mempermudah akses layanan kelurahan, serta mengurangi kunjungan fisik warga ke kantor kelurahan. Guna menekan penyebaran wabah Covid-19 yang telah menjadi pandemik dunia.

Menurut Lurah Bontolebang, Hasjiari, SH, bahwa transformasi pelayanan dari yang berbasis fisik ke online diharapkan bisa membantu masyarakat dalam menerima pelayanan khususnya layanan persuratan.

Lurah yang merupakan alumnus Fakultas Hukum UNHAS ini berharap dengan warga tetap berada di rumah masing-masing bisa mengurangi potensi penyebaran Covid-19, kususnya di kelurahan Bontolebang.

"Aplikasi pelayanan persuratan berbasis online ini sendiri sudah bisa diakses melalui link s.id/KBontolebang. Di dalam aplikasi tersebut tersedia beberapa pilihan surat yang bisa diakses oleh masyarakat kelurahan Bontolebang. Seperti Surat Domisili, pengantar KTP, Pengantar izin keramaian, serta beberapa jenis surat lainnya. Setelah data warga masuk ke dalam sistem, nantinya warga akan diberikan pilihan untuk pengambilan surat yang telah dibuat" Kata Hasjiari.
Hasjiari menjelaskan lebih jauh, bahwasanya selain pelayanan persuratan berbasis online, pemerintah kelurahan Bontolebang bersama Tim Bank Data Bontolebang juga sedang mengembangkan aplikasi basis data masyarakat. Guna memperbaharui data kemiskinan warga yang menjadi objek permasalahan pada pembagian Bantuan Langsung Tunai terkait penanggulangan Covid-19 di beberapa daerah.

"Nantinya aplikasi ini bisa membantu pemerintah setempat dalam mengelompokan warga yang berhak mendapat bantuan secara akurat berdasarkan data kemiskinan yang telah diolah oleh aplikasi. Sehingga bisa memaksimalkan penyaluran bantuan. Dan mengurangi teradinya gesekan serta kecemburan sosial di masyarakat" Tambahnya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah kelurahan Bontolebang ini sendiri didanai dari dana hadiah lomba kelurahan dan desa tinggkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2019.

Sementara salah seorang warga Bontolebang, Hasanuddin Dg Hasan mengapresiasi langkah inovatif yang dilakukan oleh Lurah Bontolebang, menurutnya, warga sangat terbantu dengan adanya pelayanan online serta perbaikan sarana dan prasarana.

"Warga tidak perlu lagi repot-repot mengurus surat ke kantor kelurahan setelah adanya pelayanan berbasis online ini" Terang warga lingkungan Kampung Tala, Kelurahan Bontolebang ini. (irv/rdp)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar