.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

04/07/20

HMI Kom. Hukum Unhas Kaji Pemikiran Ibnu Sina Dalam Kelas Filsafat Islam

MAKASSAR, TURUNGKA.COM - Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Hukum Unhas Cabang Makassar Timur sukses menggelar Kelas Filsafat Islam pertemuan ke-2 via Zoom dengan mengaji Ibnu Sina.

Diskusi yang berlangsung pada Sabtu, (04/07/20) pukul 10.00 Wita-selesai itu, di ikuti oleh 25 orang peserta dari anggota dan kader HMI yang dipandu oleh Kabid PTKP HMI Komisariat Hukum Unhas angkatan 2017, Dinul Akram dan menghadirkan Direktur Indonesia Berfilsafat, Ammar Fauzi Lc., M.A., Ph.D sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Ammar menerangkan bahwa setelah membahas sejarah dan dinamika pemikiran filsafat Islam pada pertemuan pertama, mereka akan melanjutkannya pada pertemuan ke-2 itu dengan membahas Ibnu Sina sebagai salah seorang tokoh sentral filsafat Islam.

"Materi hari ini telah masuk pada materi ke-2 yang di mana kita akan membahas mengenai tradisi permikiran Ibnu Sina, sebagai salah satu tokoh sentral dalam filsafat Islam," kata Ammar Fauzi.

Lanjut dosen Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra ini bahwa materi tersebut masih merupakan materi pengantar, cakupannya masih seputar latar belakang intelektual Ibnu Sina dan karya-karyanya serta bagaimana dampaknya terhadap pemikiran filsafat setelahnya.

"Untuk memahami bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh Ibnu Sina melalui karya-karyanya, sebisa mungkin kita harus bisa meniru atau mengikuti metode pembelajaran yang dilakukan oleh Ibnu Sina selama mendalami filsafat Islam dengan gemar membaca buku," Jelas Ammar lagi.

Seusai diskusi, Ketua Umum HMI Komisariat Hukum Unhas, Naufal Ammar mengungkapkan bahwa besar kemungkinan pertemuan selanjutnya akan lebih banyak peserta, berhubung banyak pihak yang tertarik untuk mengikuti kelas diskusi tersebut.

"Karena itu, mungkin pertemuan selanjutnya kami buka untuk umum dengan persyaratan tertentu. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan," pungkas Naufal.  (frm/rdp)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar