.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

16/07/20

Pembukaan MPLS Daring Ala SMAN 1 Takalar


TAKALAR, TURUNGKA.COM. Rutinitas Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun 2020, menjadi sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. MPLS yang dilaksanakan di musim Pandemi virus Covid-19 ini harus tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Dan pilihan yang tepat untuk itu yaitu adalah MPLS dalam jaringan (daring) atau "online" dan luar jaringan (luring) atau dikenal "offline". 

SMAN 1 Takalar (smanest) sebagai salah satu sekolah yang banyak diminati siswa lulusan SLTP tak ketinggalan untuk melaksanakan PLS dengan mengkombinasikan metode daring dan luring. Demikian, siaran pers panitia yang diterima redaksi turungka, (15/07/2020).

"Sebagai penanggung jawab kegiatan, Kepala sekolah SMAN 1 Takalar, Bapak H. Syafri, S.Pd. telah menggelar rapat pembentukan panitia MPLS dengan begitu arif dan bijaksana. Hal ini terlihat dari suksesnya acara Pembukaan hari ini, Rabu tanggal 15 Juli 2020. Semua panitia terlibat bekerja sama dengan baik sesuai dengan jargon yang kini menjadi slogan yang viral di sekolah ini yaitu Maju Bersama Hebat Semua," terang Sakri Ago, M.Ap sebagai ketua panitia.

Menurutnya, walaupun pembukaan MPLS 2020 dilaksanakan secara online, namun berlangsung sangat khidmat dan di hadiri secara virtual oleh hampir 300 siswa. Para panitia yang hadir memakai masker dan tetap jaga jarak.

"Sebagai MC yang berpengalaman Bapak Syahrir, S.Pd, M.Pd dengan sukarela menyumbangkan kemampuanya yang mumpuni memandu acara ini. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan kitab suci Al Quran yang sangat menyentuh dari Guru Agama Islam, Ustads Baharuddin Dg Se're, S.Ag. Suasana seketika menjadi hening di ruang komputer tempat pelaksanaan PLS online ini," terangnya

"Acara selanjutnya, hadirin dimohon berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Secara spontan tanpa menunggu perintah Bapak Suhemi Dg Tata, S.Sn guru seni yang sudah populer sebagai pembina di SMAN 1 Takalar bertindak sebagai dirigen. Suasana rasa kebangsaan dan rasa cinta tanah air seketika memenuhi ruangan dan tentu pula didengarkan oleh seluruh siswa yang hadir secara virtual," urainya

"Setelah sambutan dari ketua panitia, Bapak Kepala Sekolah memberikan amanah sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Beliau berpesan agar generasi siswa baru smanest, tetap semangat belajar, meski kini bangsa dan dunia ini, sedang diuji Corona Virus Disease 2020. Selain itu, beliau berharap agar siswa baru smanest yang mengikuti MPLS dapat mengikuti kegiatan dengan penuh tanggung jawab. Dengan begitu, cita-cita melahirkan generasi baru smanest yang bervisi digital dan berakhlak mulia, dapat kita wujudkan secara bersama," jelasnya.

Menurut Sakri Ago, yang mengampu mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, bahwa kegiatan pembukaan MPLS 2020, juga tetap mengagendakan penerimaan siswa baru secara simbolis. Dua orang siswa dihadirkan dalam kegiatan ini agar suasana semakin akrab antara guru dan siswa-siswa baru. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh H. Zaid. Beliau mengajak hati kita, untuk terus berdoa sehingga pandemi ini segera berlalu dan bangsa kita dapat beraktifitas di era normal baru. Semoga pula Kegiatan MPLS ini berlangsung lancar dan sukses membawa siswa-siswa pada pengenalan sekolah dan lingkungannya. 

Diakhir penjelasannya, Sakri Ago yang populer di jagad media sosial melalui lagu-lagu ciptaannya sendiri, menilai kepanitiaan MPLS smanest tahun 2020, ibarat harmoni musik yang syahdu. Setiap nada tentu saja berbeda dan unik. Namun, kekuatan musik terletak pada kemampuannya, mengelola perbedaan menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi. 

"Kami merasakan betul, motivasi kebersamaan dalam kepanitiaan MPLS 2020, baik itu penanggung jawab kegiatan (kepsek), jajaran panitia, operator, maupun pemateri yang terdiri dari GTK smanest. Semua pihak menunjukkan sinergitas peran yang positif. Semoga kebersamaan kami, menjadi ladang amal pula untuk kehidupan akhirat," pungkasnya. 

Editor (ZDR)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar