.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

11/07/20

Seminar Literasi, Pusdiklat JOIN; Akuntabilitas Menjadi Keniscayaan di Era Keterbukaan Informasi


MAKASSAR, TURUNGKA.COM. Kegiatan seminar literasi yang digelar oleh Sekolah Islam Terpadu Smart School Makassar (SIT Smart School Makassar) yang bertempat di Aula pertemuan SIT Smart School Makassar, menghadirkan  Direktur Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia (JOIN), Zulkarnain Hamson,S.Sos.,M.Si. sebagai narasumber yang membawakan materi dengan tema 'Akuntabilitas Pendidikan dan Pemanfaatan Jaringan Media Sosial Sebagai Pemberitaan'.

Saat Zulkarnain membawakan materinya, ia menegaskan bahwa di era digital yang semua informasi mudah sekali diperoleh, tentu ada hal yang meski diperhatikan bagi pengguna media sosial, yakni mengedepankan akuntabilitas informasi.

"Akuntabilitas menjadi sebuah keniscayaan, dalam era keterbukaan informasi saat ini. Pendidik, baik guru maupun dosen dituntut memiliki kepekaan pada harapan publik," ujarnya. 

Menurut Direktur Pusdiklat JOIN ini, fenomena penggunaan media sosial sebagai bagian dari akuntabilitas, biasanya dianggap remeh. Sehingga kepercayaan orangtua siswa akan kredibilitas seorang guru atau dosen yang menjadi pembimbing anaknya berkurang karena ulahnya sendiri dalam menggunakan media sosial.

"Guru juga dosen sebaiknya berhati-hati mengirim pesan yang tak berkaitan dengan kompetensi dan keahlian yang dimilikinya di media sosial. Kita masih sering mendapati pendidik mengirim berbagai pesan yang terkesan sampah di media sosial, selfie, posting makanan yang tujuannya pamer, bahkan tiktok sekadar goyang badan." Tandasnya.

Pada kegiatan tersebut yang digelar pada Jumat (10/07/2020) ini, SIT Smart School Makassar menghadirkan juga  narasumber, Darmawan, S. Si., M. Si. (Kepala Balai BMKG Wil. V Makassar). (kemal/ahm)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar