.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

06/08/20

Susun RKP Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Desa Kalukubodo Gelar Musyawarah Desa

GALSEL, TURUNGKA.COM. Pemerintah Desa Kalukubodo Kecamatan Galesong Selatan menggelar Musyawarah Desa untuk menyusun Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2021. Kamis, 06/08/2020 di Aula Kantor Desa Kalukubodo. 
 
Musyawarah yang berlangsung pada pukul 08.30 Wita itu, dihadiri oleh Plt Desa Kalukubodo yang juga merupakan Camat Galesong Selatan (Galsel) Drs. H Hamzah M. AP, serta melibatkan pendamping desa, Ketua BPD beserta anggota, para kepala dusun, imam desa , para imam dusun, Karang Taruna, LPM, dan beberapa kader serta para tokoh masyarakat lainnya.

Saat berlangsungnya musyawarah itu, pendamping desa, Muhammad Syarif mengungkap, bahwa pelaksanaan musyawarah desa itu molor dua bulan lamanya, yang seharusnya dilaksanakan pada bulan Juni namun diundur ke bulan Agustus karena pandemi.

"Sejatinya kegiatan musyawarah desa dalam regulasi dilaksanakan di bulan Juni, namun karna situasi pandemi Covid-19 maka pelaksanaannya molor ke bulan Agustus," ujar Muhammad Syarif

Sementara itu, Plt Desa Kalukubodo, Drs. H Hamzah M. AP mengatakan, bahwa ada perbedaan pada penyusunan RKP untuk tahun 2021 dibandingkan dengan tahun lalu. Menurutnya, tahun lalu lebih melibatkan infrastruktur dan fisik sedangkan untuk 2021 lebih kepada pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.

"Ada yang berbeda tahun ini yang dahulu banyak melibatkan fisik dan infrastruktur, maka tahun 2021 akan lebih dominasi mengarah kepada pelayanan dan pemberdayaan masyarakat desa mengingat adanya pemotongan anggaran untuk penangan Covid-19," terang H. Hamzah

Kepala Dusun Pa'battoang Desa Kalukubodo dalam hal ini juga turut berkomentar, bahwa musyawarah itu adalah langkah awal proses rencana pembangunan yang menggunakan anggaran tahun 2021.

"Dalam pelakasanaan kegiatan tahunan ini, bertujuan untuk merefleksi kembali hasil pembangunan yang sudah dilaksanakan dan yang belum terlaksana di tahun 2020, sebagai wujud orientasi pembangunan skala tahunan pemerintah desa," kata Anjar

Di akhir, ia mengapresiasi langkah dan upaya strategis yang diambil pemerintah Desa Kalukubodo bersama masyarakat meski ditengah terpaan pandemi ini dan berharap langkah dan upaya tersebut segera ditindak lanjuti.

"Saya berharap pemerintah desa bergerak cepat untuk menampung aspirasi dan usulan untuk selanjutnya hasilnya diserahkan kepada kepala desa agar melakukan musrembang desa sebagai program yang masuk skala prioritas di tahun 2021," pungkasnya.  (frm/rdp)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar