.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

24/08/20

Warga Tolak Keras Rencana Penambangan di Batas Desa Bontomarannu Dan Kalukubodo

GALSEL, TURUNGKA.COM. Reaksi warga merespon tindakan penambang yang terkesan tertutup dan kucing-kucingan yang dilakukan oleh pihak penambang menuai protes warga sekitar.
Terkhusus warga yang bermukim di bungung Bella Desa Kalukubodo yang diketahui paling dekat dengan lokasi penambangan hanya berjarak sekitar dua puluh meter jaraknya dari lokasi rencana penambangan.

Warga pun tak terima dengan sikap pihak penambang yang disinyalir tak mengantongi izin penambangan oleh pemerintah setempat dan izin mengenai dampak lingkungan (amdal).

Penolakan warga pun tak sampai disitu saja, mereka membuat surat pernyataan penolakan yang dilengkapi dengan menbubuhkan tandatangan dan cap jempol sebanyak 14 orang warga yang dicatutkan namanya yang mengaku menolak penambangan yang akan dilakukan.

Salah seorang warga dari 14 orang yang bertanda tangan namun enggang disebut namanya mengatakan rencana penambangan hanya akan merusak lingkungan dan lahan pertanian.

"Kami menolak dengan tegas atas rencana penambangan yang berlokasi di desa bontomarannu yang berbatasan dengan bungung Bella dusun pa'battoang desa kalukubodo kecamatan galesong selatan kab. Takalar" katanya. 24/08/2020 Siang.

Berikut tuntutan warga yang disertai tanda tangan.
1. Air laut akan mudah naik ke lokasi penambangan karna jaraknya dekat dengan laut
2. Air tawar akan tercemar, berpengaruh terhadap pengairan sawah di sekitar jika sudah bercampur dengan air laut
3. Tempat pemakaman sekitar lokasi penambangan akan terkena dampak longsor tanah akibat erosi penambangan. (ads/rdp)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar