.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

16/06/21

Jalankan PPM, Fakultas Peternakan Unhas Gelar Diskusi Manajemen Pemeliharaan Ayam Kampung

JENEPONTO, TURUNGKA.COM. Jalankan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) bertajuk Program Kemitraan Masyarakat (PKM), fakultas peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melakukan diskusi tentang manajemen pemeliharaan ayam kampung dan pakan alternatif berbahan baku lokal. 

Diskusi yang digelar pada Ahad (13/06/2021) tersebut menghadirkan dua pemateri dari masing-masing bidangnya yakni  Muhammad Rachman Hakim, S.Pt., M.P dengan materi 'Manajemen Pemeliharaan Ayam Kampung', dan ketua PKM Dr. Ir. Sri Purwanti, S.Pt., M.Si., ASEAN Eng dengan materi 'Pakan Alternatif Berbahan Baku Lokal'. Serta Ilham Syarif, S.Pt., M.Si mendampingi keduanya sebagai moderator guna memandu jalannya diskusi.

Pada materi pertama, Rahman memaparkan bahwa dalam memanegemen pemeliharan ayam itu perlu dilakukan dengan cara efektif dan efisien. Sebab hal tersebut merupakan langkah yang tepat dalam berternak ayam untuk mencapai sebuah kesuksesan.

“Kunci sukses dalam beternak ayam kampung yaitu bibit yang berkualitas, kandang yang memadai, pakan yang berkualitas dan cukup, pencegahan penyakit dan jadwal pemeliharaan," jelasnya.

Agar kualitas ayam ternak itu bagus maka perlu pakan yang berkualitas juga. Apalagi ditempat ini potensi bahan baku pakan khususnya ayam sangat melimpah. Hal tersebut yang sampaikan pemateri kedua pada diskusi tersebut. 

“Pakan alternatif lokal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keuntungan seperti dedak, bekatul, bekicot, kepala udang, ampas tahu, daun papaya, indigofera dan manggot sangat mudah di dapat," beber Sri Purnawati ini.

Lebih lanjut ia menegaskan dua hal yang menurutnya bahwa, "sumber energi dapat diperoleh dari jagung, dedak padi serta nasi kering, sedangkan sumber protein dan mineral dapat diperoleh dari ampas tahu dan tepung bulu." tandasnya.

Diskusi tersebut dilaksanakan di Liku Labbua, Dusun Mattoanging, Desa Barana, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto itu, dan mendapatkan sambutan yang baik dari anggota kelompok tani ternak disana. (Frm/Ahm).

Share:

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb,saya pak resky pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang TKI pembantu di negara tentangga yaitu di malaysia yang pendapatannya tidak seberapa dan suami saya cuma kerja di kelapa sawit,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup di kampung apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya dan suatu malam saya buka internet dan tidak sengaja saya temukan number HP EYANG WORO MANGGOLO langsung saya telpon beliau dan menceritakan semua keluahan saya dan akhirya di kasih ANGKA GHAIB 6D benar-benar tembus dengan adanya EYANG semua hutang-hutang saya di kampung sudah lunas semua ,bahkan sekarang saya sudah buka usaha WARUNG MAKAN di malaysia!!! sekali lagi saya mengucapkan banyak terimah kasih kepada EYANG WORO MANGGOLO atas bantuan Eyang kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan EYANG WORO MANGGOLO pula yang telah memberikan angka ghaib hasil ritual,beliau kepada saya yaitu 6D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut-turut tembus .
    Solusi yang tepat jangan anda putus aza karna EYANG akan membantu anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB apa bila anda butuh angka togel 2D-3D-4D-5D-6D, dijamin 100% jebol.
    Apabila ada waktu silahkan/SMS EYANG WORO MANGGOLO di number 082-391-772-208 .
    DAN BELIAU JUGA BISA MENBANTU ANDA TUK PUTARAN YANG ADA DI BAWA.
    angka;GHOIB: singapur
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum 4d
    angka"GHOIB; laos…
    angka"GHOIB; macau
    angka"GHOIB; sidney
    angka"GHOIB: vietnam
    angka"GHOIB: korea
    angka"GHOIB: kudalari
    sekali lagi makasih yaa Eyang waktu itu saya cuma bermodal uang cuma 300 ribu dan akhirnya saya menang banyak dan berkat angka gaib hasil ritual Eyang saya sudah buka usaha Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB/SMS EYANG WORO MANGGOLO di number 082-391-772-208 insya allah beliau akan menbantu anda semua

    BalasHapus