.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

08/11/21

Diduga Lima Desa Menyalahgunakan Dana CSR, Ketum PB Hipermata Geram

TAKALAR, TURUNGKA.COM. Mendengar desas desus yang mengkhawatirkan terkait dugaan melakukan tindak penyalahgunaan dana Corporate Social Responsibility (CSR) di kecamatan Galesong Utara (Galut) yang menyeret lima kepala Desa diantaranya,  desa Tamasaju, desa Sampulungang, desa Aeng Toa, desa Tamalate dan desa Aeng Batu. Ketua Pimpinan Besar (PB) Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Takalar (Hipermata) Taqifhal Mursalim angkat bicara pada Senin (08/11/2021).

"Penyalagunaan dana CSR yang dilakukan oleh lima oknum kepala desa ini sangat merugikan masyarakat pesisir yang terkena langsung dampak dari aktivitas pertambangan pasir laut dikecamatan Galesong Utara, karena kita ketahui bersama bahwa CSR itu adalah tanggung jawab sosial lingkungan dari perusahaan kepada masyarakat yang terkena dampak dari resiko tambang pasir laut ini. Justru disalahgunakan tanpa mempertimbangkan nasib dari saudara-suadara kita yang ada disemenanjung pesisir Galesong Utara" jelasnya.

"Kita tidak melihat saudara-suadara kita sebagai orang yang tinggal dipesisir Galut, tetapi kita melihat mereka sebagai manusia yang membutuhkan atensi perjuangan kawan-kawan di kabupaten Takalar. Sehingga, sangat tidak etis sekali melihat saudara-suadara kita yang dikebiri haknya oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab ini" geramnya.

"Jika dikatakan bahwa CSR tersebut telah dimasukkan dalam APBDes. Saya rasa itu adalah alasan yang irasional. Sebab, CSR sebagai upaya perusahaan mengurangi resiko kerusakan akibat dampak aktivitas tambang pasir laut harus dilaksanakan dengan cepat dan tanggap namun pada faktanya jauh dari kenyataan."

"Saya menduga bahwa, perusahaan yang keberatan terkait penggunaan CSR dilima Desa tersebut sudah tidak sesuai dengan MOU (kesepakatan) antara pihak perusahaan dan lima kepala Desa di kecamatan Galesong Utara. Saya rasa APBDes juga harus menjadi perhatian karena dalam hal ini sangat potensial hadir temuan-temuan baru dilima Desa tersebut". Tandas Ifhal yang merapakan sapaan akrabnya tersebut.

Sebagai mitra kritis, rencana Hipermata akan gelar aksi demonstrasi akbar yang akan melibatkan seluruh OKP yang ada di kabupaten Takalar dalam waktu dekat ini. Sembari proses hukum tetap berjalan sesuai koridornya. (FRM/TM/Ahm). 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar