.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

22/11/21

Tingkatkan Pendapatan Petani, Tim PTDM Menggelar Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Takalar Tahun 2021

TURUNGKA.COM. TAKALAR. Tim Produk Teknologi Diseminasi Masyarakat (PTDM) menggelar pengabdian di Desa Parang Luara Kabupaten Takalar. Oktober 2021. 

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan itu merupakan salah satu program Badan Riset dan Inovasi  Nasional (BRIN).

Diseminasi Teknologi Mesin Tanam Jajar Legowo dan Penggilingan Padi merupakan bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Ketua Tim PTDM, Irma Hakim,   S.TP., M.Si bersama anggotanya Hamzah, S.P., M.P., dan Dr. Ir. Rosanna, M.P.

Tim PTDM melakukan pelatihan pengoperasian dan perawatan mesin tanam padi dan giling padi kepada mitra kelompok tani agar proses produksi
yang dilakukan dapat berjalan maksimal.

Pada pelaksanaannya, turut hadir juga Noerfitryani, S.P., M.Si., sebagai narasumber untuk memberikan pelatihan teknik pengendalian gulma pada tanaman padi.

Ketua tim PTDM, Irma Hakim S.TP., M.Si menjelaskan, bahwa latar belakang dilaksanakannya pengabdian PTDM dikarenakan adanya Kelompok Tani Kallong Piri dan Kelompok Tani Jenetallasa mempunyai permasalahan.

"Terdapat permasalahan yang dialami oleh Kelompok Tani Kallong Piri dan Tani Jenetallasa, yaitu sulitnya tenaga buruh tanam padi sehingga petani melakukan penanaman dengan sistem hambur yang mengakibatkan produksi padi lebih sedikit," jelas Irma Hakim

Sementara itu, Hamzah,S.P.,
M.P menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan para petani.

“Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pendapatan petani mitra," pungkas Hamzah,S.P., M.P.

(Frm)








Share:

0 komentar:

Posting Komentar