.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

19/12/21

Gandeng Poktan Campagaya, Dosen Pertanian UMI Makassar Gelar Diseminasi Teknologi Pertanian


GALESONG, TURUNGKA.COM. Dosen fakultas pertanian Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menyelenggarakan program pengabdian masyarakat berbasis sistem desiminasi tekhnologi pertanian untuk pengembangan jagung punut jumbo yang bekerjasama dengan kelompok tani (poktan) desa Campagaya, Galesong, Takalar.

"Pelaksanaan kegiatan tidak terlepas dari atas adanya unsur pelopor mitra dari petani (poktan Campagaya) yang ingin menghasilkan pertanian komoditas berkelanjutan," ucap Dr. Ir.  Edy. MP., MPd., saat membawakan materi di kediaman sekretaris poktan Campagaya.

"Petunjuk paket inovasi komoditas melalui pengembangan jagung punut jumbo yang sudah diteliti dan diterapkan selama ini dengan hasilnya yang sangat bagus dan segi harganya saat panen sangat menentu bahkan mudah dalam proses pengolahan berbagai jenis makanan lainnya sehingga menyarankan petani di desa Campagaya untuk menindaklanjuti dengan melakukan uji coba (demplot) sehingga merasakan keberhasilan dari apa yang telah ditanam." Tandasnya. 

Selain itu, petani milineal Campagaya, Sulaiman, SP., yang merupakan sekretaris Poktan Campagaya mengatakan, "kami siap mencoba dan mempromosikan gerakan tanam jagung punut jumbo di desa kami. Tentu terlebih dahulu kami akan meyakinkan petani bahwa dari komoditas pertanian inilah layak dan menjanjikan dalam pertanian berkelanjutan." tutupnya.

Pada kegiatan yang dilaksanakan Ahad (19/12/2021) ini mengangkat tema ''program penelitian kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian'' yang dihadiri langsung ketua Gapoktan Campagaya (Abd. Arsyad Daeng Pali), puluhan petani serta rombongan dosen dan mahasiswa UMI Makassar. (Ctz: SLM/Ahm).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar